Bupati Sidoarjo Imbau Semua OPD Motivasi Gemar Membaca

Bupati Saiful Ilah mendapatkan cenderamata Miniatur Gedung Perpunas lantai 8 dari Perpusnas. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Keberhasilan Pemkab Sidoarjo yang memberikan layanan masyarakat sudah dinilai terbaik secara nasional. Namun harus juga memberikan contoh atau memotivasi kepada masyarakat agar minat baca terus semakin baik.
”Saya meminta semua OPD harus ada tempat-tempat bacaan, agar masyarakat yang menunggu bisa sambil membaca,” pinta Bupati Sidoarjo Saiful Ilah saat membuka acara Safari Gerakan Nasional Pembukaan Kegembaran Membaca, Senin (2/7) kemarin di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo.
Selain mendorong semua OPD-OPD di Pemkab Sidoarjo juga bisa memberikan fasilitas membaca. Ia juga meminta kepada pegawai dan sekolah-sekolah agar menanamkan budi pekerti, karena budi pekerti itu sangat penting sekali, termasuk juga masalah kedisiplinan harus digalakkan. ”Kami sudah mendapatkan penilaian layanan terbaik nasional, namun sekarang ini juga harus memberikan inovasi untuk peningkatan minat baca,” pinta Saiful Ilah.
Dalam program peningkatan minat baca, Kepala Dinas Perpustaan dan Arsip Pemkab Sidoarjo, Endang Soesijati mengatakan, kalau pihaknya sudah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo untuk pengembangan minat baca di sekolah-sekolah. Juga dengan DPM P3A KB (Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana) Sidoarjo, untuk pengembangan perpustakaan-perpustakaan desa.
Endang Soesijadi juga sudah melakukan koordinasi dengan Sekda Sidoarjo agar diberikan Surat Edaran (SE) Bupati Sidoarjo, diajak untuk menggerakan mereka harus senang membaca ke Perpustakaan yang ada. Bagi kami adalah’eman’ kalau sudah ada tempatnya ada bukunya, namun buku-bukunya tidak pernah dibuka apalagi dibaca. ”Jadi saya sudah meminta supaya dibuatkan SE untuk semua OPD yang melakukan pelayanan agar mempunyai pojok baca,” jelasnya.
Sudah ada beberapa instasi yang merespon program pojok baca, diantaranya PDAM Delta Tirta, RSUD Sidoarjo, dan juga masih berkeinginan mengajak Bank Delta Artha termasuk juga Dinas Perizinan, pokoknya semua OPD yang ada layanan.
”Ayo kita ajak semua orang untuk senang membaca. Layanan buku-bukunya bisa kerjasama dengan kami. Kini programnya sudah berjalan, sudah pada tahap membuat konsepnya,” pungkas Endang Soesijati.
Kegiataan safari yang bertemakan Implementasi Revolusi Mental Melalui Mobilisasi Pengetahuan. Dalam Rangka Peningkatan Indeks Literasi Masyarkat juga dihadiri Anggota Komisi X DPR RI, Arzety Bilbina, Perwakilan dari Perpusnas dan dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Propinsi Jatim. [ach]

Tags: