Besok, KPU Tulungagung Tetapkan Bupati Terpilih

Suyitno Arman

Tulungagung, Bhirawa
Rencananya, KPU Tulungagung akan menetapkan pasagan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung periode 2018-2023 pada Kamis (5/7) pagi.
Penetapan tersebut akan dilangsungkan dalam rapat pleno terbuka KPU Tulungagung di Crown Victoria Hotel Kota Tulungagung.
Anggota KPU Tulungagung, Suyitno Arman SSos MSi, Selasa (3/7), mengakui jika KPU Tulungagung akan segera melakukan penetapan paslon Bupati da Wakil Bupati Tulungagung terpilih. “Kami sudah jadwalkan pada tanggal 5 Juli 2018. Atau hari Kamis depan,” ujarnya.
Namun demikian, menurut Suyitno Arman, KPU Tulungagung akan terlebih dulu menyelenggarakan rekapitulasi surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung 2018. Rekapitulasi akan berlangsung pada Rabu (4/7) siang di tempat yang sama, yakni Crown Victoria Hotel.
“Jadi nanti setelah direkapitulasi baru kemudian di tetapkan. Rekapitulasi dilakukan Rabu (4/7) siang dan kemungkinan berakhir malam dan baru kemudian keesokan harinya, Kamis (5/7) dilakukan penetapan paslon terpilih,” paparnya.
Seperti diberitakan, pasangan paslon Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung 2018 nomer urut 2 (dua), Syahri Mulyo SE MSi – Drs Maryoto Birowo MM (Sahto) tetap unggul dalam perolehan suara di rekapitulasi surat suara tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Tulungagung. Ia meraup suara sebanyak 355.000 suara atau 60,1 persen, sedang paslon nomer urut 1 (satu), Margiono – Eko Prisidianto, memperoleh 235.702 suara atau 39,9 persen. Selisih suara keduanya mencapai 119.298 suara.
“Hasil penghitungan manual melalui rekapitulasi kecamatan tidak jauh berbeda dengan real count C1 KPU Tulungagung,” ujar anggota KPU Tulungagung lainnya, Fatah Masrun MSi.
Ia menyebut seluruh PPK se-Kabupaten Tulungagung telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan surat suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung 2018 serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018. Penghitungan dilakukan secara manual berdasar hasil dari setiap tempat pemungutan suara (TPS).
Sebelumnya, dalam real count KPU Tulungagung yang telah mencapai masukan data 100 persen dan diungggah melalui aplikasi android menyebutkan, paslon Sahto memperoleh suara sebanyak 59,8 persen dan paslon Margiono – Eko Prisdianto sebesar 40,2 persen. (wed)

Tags: