Berkah Pertandingan Piala AFF U-19 di Gelora Delta Sidoarjo

Pertandingan piala AFF-U 19 kemarin di stadion Gelora Delta Sidoarjo, membawa berkah bagi para penjual kaos. Penonton tak puas bila nonton tanpa pakai kaos Timnas Garuda. [ali kusyanto]

Tak Lengkap Jika Tak Pakai Kaos Timnas jadi Ladang Rejeki Penjual Kaos
Kab Sidoarjo, Bhirawa
Pertandingan Piala AFF-19 telah usai. Hasil kurang maksimal diraih timnas Garuda Muda karena hanya menempati posisi ketiga dalam pertandingan sepak bola antar negara di Asia Tenggara ini. Meski begitu, pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo dan Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik ini menyisakan kebahagiaan bagi penjual kaos timnas Indonesia.
Selama gelaran Piala AFF U-19 yang dilaksanakan mulai 1-14 Juli 2018 ini, dagangan kaos timnas Indonesia laris manis khususnya yang dijual di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo tempat timnas Indonesia main. Setiap timnas Garuda Muda bertanding, pendukung timnas Garuda Muda mayoritas akan membeli kaos kebanggaan berwarna merah ataupun kaos yang berwarnah putih.
“Kata mereka tidak lengkap kalau nonton langsung di stadion untuk mendukung timnas tidak pakai kaos kebanggaan,” tutur Ari, satu diantara 20 penjual kaos asal Bandung, Jawa Barat yang datang ramai-ramai ke Kota Sidoarjo, untuk jualan kaos sepak bola, ditemui saat pertandingan AFF-19 ini belum berakhir pada Sabtu (14/7) kemarin.
Warga yang tinggal di Ciampelas, Bandung, Jawa Barat ini menyampaikan, biasanya untuk kaos anak-anak ia membandrol dengan harga Rp50 ribu. Sedangkan kaos untuk dewasa Rp75 ribu. Selain mejual kaos timnas Garuda, Ari juga menjual slayer.
Berkah adanya pertandingan Piala AFF U-19 ini diakui Ari, membuat 20 orang teman-temannya asal Bandung, nanti pada saat digelarnya pertandingan piala AFF- U 16 pada 29 Juli sampai 11 Agustus, akan datang kembali bersama-sama temannya ke Kota Sidoarjo untuk jualan kaos timnas Garuda U-16.
“Setelah pertandingan AFF U-19, kami akan pulang sebentar ke Bandung, selain menghitung rejeki juga untuk mengambil kaos untuk pertandingan U-16 nanti,” kata Ari, yang mengaku kerja di bengkel motor tapi nyambi jualan kaos sepak bola itu.
Tidak hanya pedagang kaos asal Bandung saja yang memenuhi stadion Gelora Delta Sidoarjo, tapi kata Ari juga ada pedagang kaos asal Sidoarjo dan Kota Malang. Jumlah penjual kaos sepak bola di sekitar stadion Gelora Delta Sidoarjo itu, katanya ada sekitar 100-an pedagang kaos.
Selama pertandingan piala AFF U-19, Ari bersama 20 orang temannya asal Bandung, ngontrak sebuah rumah di sekitar Jl Pahlawan Sidoarjo. Tempat itu tidak jauh dari stadion Gelora Delta. Menurut Ari, seandainya Timnas Garuda U-19 kemarin masuk final, ia nyakin penonton di stadion Gelora Delta Sidoarjo akan membludak.
“Besar kemungkinan penonton akan beli kaos untuk mendukung timnas Garuda Muda. Saat semifinal saja lawan Malaysia, penontonnya membludak. Saat semifinal lawan Malaysia itu, dagangan saya laris, saat itu ada sekitar 30-an kaos yang bisa terjual, pada pertandingan sebelumnya gak sampai sebanyak itu,” kata ayah satu anak itu.
Dalam kesempatan itu, Bambang seorang pembeli kaos asal Sidokare, Kecamatan Sidoarjo Kota, mengaku dirinya pendukung timnas Garuda Muda. Sehingga saat mau nonton pertandingan Indonesia lawan Thailand untuk merebut juara 3, ia harus membeli kaos.
“Nonton bola mendukung timnas gak pakai kaos rasanya tidak lengkap. Kita pakai kaos yang sama dengan pendukung Timnas lainnya rasanya seru, kita bisa sorak sama-sama mendukung timnas,” katanya semangat.
Ia mengaku sempat akan beli kaos saat Indonesia lawan Malaysia di semifinal, tapi ia urungkan karena saat itu ia melihat pembeli tiketnya sangat membludak di stadion Gelora Delta Sidoarjo. Baru saat Indonesia lawan Lawan Thailand, untuk rebut juara tiga, ia beli tiket dan beli kaos timnas Garuda. [ali kusyanto]

Tags: