Tuntas Diuji Coba, Jembatan Cincin Dibuka Hari Ini

Jembatan Cincin yang menghubungkan Babat, Kabupaten Lamongan dengan Widang, Kabupaten Tuban telah selesai diperbaiki. Jika sesuai rencana jembatan akan dibuka untuk umum mulai hari ini.

Pemprov Jatim, Bhirawa
Janji Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya yang bakal menuntaskan perbaikan Jembatan Babat atau Jembatan Cincin tuntas H-10 Lebaran 2018 dibuktikan. Jika sesuai rencana, jembatan yang menghubungkan Babat, Kabupaten Lamongan dengan Widang, Kabupaten Tuban ini akan dibuka mulai hari ini, Selasa (5/6).
“Saya sudah koordinasi dengan Kepala BBPJN (Kepala BBPJN VIII Surabaya, I Ketut Darmawahana, red) jika nanti malam (tadi malam, red) pukul 00.00 WIB jembatan akan mulai dibuka untuk umum. Semoga bisa sesuai rencana dan tidak ada halangan,” ujar Kepala Dinas PU Bina Marga Provinsi Jatim, Gatot Sulistyo Hadi, dikonfirmasi kemarin.
Gatot mengatakan, kemarin jembatan ini telah dilakukan uji beban dinamis. Teknisnya, truk-truk dengan beban tertentu akan berhenti di atas jembatan kemudian lewat di atas jembatan. Saat truk-truk tersebut lewat, jika hitungan cember pada jembatan hanya turun 5 centimeter, jembatan tersebut lolos uji. “Uji beban tersebut sangat teknis, yang paham Kementerian PU,” ujarnya.
Menurut dia, perbaikan Jembatan Cincin sangat cepat dan tepat sesuai janji BBPJN VIII. Untuk itu, Gatot sangat mengapresiasi karena BBPJN VIII telah bekerja 24 jam untuk memperbaiki jembatan yang mempunyai fungsi vital menghubungkan daerah-daerah strategis di Jatim ini. “Kalau normal, perbaikan itu membutuhkan waktu dua bulan,” katanya.
Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Lamongan-Bojonegoro-Tuban, Tugiman, mengatakan, saat ini kondisi Jembatan Cincin sudah selesai dibangun dan kondisi sudah dilakukan pengaspalan. Pihak BBPJN VIII menunggu tim dari Kementerian PUPR untuk melakukan uji dinamis dan getar kekuatan jembatan Widang.
Ia menjelaskan, untuk uji dinamis atau getar kekuatan di Jembaan Cincin nanti BBPJN akan melibatkan delapan truk yang ditaruh diatas jembatan tersebut. “Pengujian akan dilakukan pada Senin sore. Apabila dalam pengujian jembatan berjalan dengan sukses dan lancar, maka jembatan akan bisa dilalui atau dilewati pada Selasa (5/6),” ujarnya.
Ia juga menyampaikan, dalam perbaikan Jembaan Cincin ini Kementerian PUPR telah menurunkan tim secara penuh mulai dari BBPJN VIII, Pusat Kajian Jalan dan Jembatan (Pusjatan) yang mulai melakukan pengecekan komponen di Jembaan Cincin mulai keamanan baut di bentang jembatan yang tidak roboh. “Jembaan Cincin akan difungsikan setelah ada rekomendasi dari Pusat Kajian Jalan dan Jembatan bahwa jembatan aman,” ujarnya.
Ia menambahkan, alur pemanfaatkan Jembaan Cincin yang melintas di bagian barat dimanfaatkan kendaraan bermotor satu jalur ke arah Tuban. Sebaliknya, Jembaan Cincin bagian timur dimanfaatkan untuk arus kendaraan dari arah Tuban ke selatan, baik menuju Surabaya atau ke arah Bojonegoro dan Jombang. “Pengawasan tetap kami lakukan pemanfaatan jembatan Widang selama Lebaran,” ujarnya. [iib]

Tags: