Tim Ichiro Sukses Raih Empat Penghargaan Robocup

Tim Ichiro ITS dengan robot soccer andalannya pada kompetisi Dunia RoboCup 2018 di Montreal Kanada.

Surabaya, Bhirawa
Setelah melalui masa persiapan yang cukup panjang, tim Ichiro Institute Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sukses membawa pulang empat penghargaan dalam kejuaraan dunia Robocup. Tim Ichiro sukses menyabet juara pertama dalam kategori Humanoid League Teensize Soccer Competition di Montreal Kanada.
Dosen pembimbing tim Ichiro, Muhatdin mengungkapkan sebelum keberangkatan timnya ke Kanada, pihaknya hanya membawa dua robot Humanoid dengan cadangan spare part yang seadanya serta empat mahasiswa dalam satu tim. “Namun, di belakang tim kecil ini, masih terdapat puluhan anggota tim Ichiro lain yang membantu mempersiapkan robot selama berbulan-bulan. Bahkan pengembangan robot Ichiro dilakukan sejak 2012 ” Papar dia.
Lebih lanjut, pertandingan robot sepakbola ini bukan hal yang mudah untuk ditaklukkan tim Ichiro. Terbukti, pada babak penyisihan dengan hasil empat kali menang dan satu kali kalah, tim Ichiro harus berpuas diri menduduki peringkat kedua klasemen sementara di bawah MRL HSL dari Iran.
“Tim yang cukup kuat ini (MRL HASL, red) meraih lima kali menang tanpa kalah. Alhasil pada klasemen sementara skor Ichiro cukup jauh yaitu 9 angka sedangkan MRL HSL 20 angka” Ungkap Muhtadin
Lebih lanjut, pertandingan robot sepakbola sendiri, terbagi menjadi bebeapa kategori sesuai dengan ukuran robot . “Dengan tinggi di atas 80 cm, robot humanoid Ichiro masuk dalam kategori Teensize” sahut dia.
Dalam pertandingan robot ukuran remaja ini, lanjut dia, hanya ada tiga robot yang diperbolehkan bermain di lapangan, yaitu dua pemain dan satu penjaga gawang. Selain sukses membawa pulang juara pertama pada kategori Humanoid Teensize League, tim Ichiro juga sukses menyabet juara ke II pada kategori Drop In Challenge Teensize, Juara II Technical Challenge Teensize dan juara III Best Holding.
Atas pencapaian tim nya tersebut, Muhatadin mengucapkan terimakasihnya atas dukungan yang diberikan masyarakat Indonesia terutama keluarga ITS. “Selama kami di Kanada, kami mendapatkan dukungan yang sangat baik dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan jajarannya, serta masyarakat Indonesia di Kanada,” pungkas Muhtadin. [ina]

Tags: