Tertarik Kue Madumongso, Puti Kagum Keuletan Usaha Ibu-Ibu

Madiun, Bhirawa
Kampanye di Kota Madiun, Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Timur Puti Guntur Soekarno mampir ke toko oleh-oleh. Ia membeli madumongso, yang dibuat rumah industri.
“Mengincipinya nanti ya, setelah buka puasa,” canda Puti Guntur Soekarno di Rumah Produksi Jalan Trimulya, Kota Madiun, Rabu (6/6/2018).
Puti disambut Ny. Sumadi, pemilik rumah produksi. Cucu Bung Karno itu didampingi Inda Raya, Calon Wakil Walikota Madiun, yang juga mengenakan kerudung merah.
Madumongso adalah jajanan khas di wilayah pedesaan Jawa Timur. Jajanan ini sangat terkenal di daerah Mataraman yang dikenal sebagai kawasan agraris. Terbuat dari ketan hitam, bercampur gula Jawa, kemudian biasa dikerjakan oleh ibu-ibu rumah tangga.
Pada musim Lebaran Idul Fitri, kue ringan ini menjadi sajian favorit di rumah-rumah untuk tamu-tamu yang berkunjung. Diperkirakan, kue madumongo sudah ada sejak lama di pedalaman Jawa.
Oleh Ny. Sumadi, Puti ditunjukkan proses pembuatan madumongo. Dimulai proses fermentasi. Kemudian diolah tradisional oleh pekerja ibu-ibu. Hasilnya, dibungkus kecil-kecil dalam kertas minyak, yang warna-warni.
“Setelah dibungkus, madumongso siap untuk disajikan,” terang Ny. Sumadi pada Puti. Setelah mendapat penjelasan, Puti tertarik membantu kerja para karyawan. Membungkus madumongso sebelum dikirim ke pemesan.
Puti Guntur Soekarno sangat kagum dengan keuletan ibu-ibu. Sehingga banyak usaha jajanan tradisional di Jawa, yang sampai hari ini masih bertahan di masyarakat. “Ibu-ibu sungguh luar biasa dalam menangani usahanya,” kata Puti.
Ia mengatakan, pada momen Ramadan dan Lebaran ini adalah momen yang mampu meningkatkan penjualan produk-produk dari UMKM di Madiun.
“Madumongso adalah ikon masyarakat, salah satunya Madiun. Sampai hari ini tetap dipertahankan kekhasan rasanya. Produk-produk UMKM harus ada penguatan. Ini sangat penting,” katanya.
Calon Gubernur Saifullah Yusuf dan Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno telah mendesain rencana kebijakan untuk penguatan UMKM dan bisnis rintisan anak muda (start up).
Puti juga telah menyiapkan program pinjaman murah, baik konvensional maupun syariah. “Kalau bunga, pasti di bawah stndar perbankan yang berlaku saat ini. Gus Ipul dan saya akan kolaborasi khusus dengan perbankan untuk membuat paket pinjaman UMKM kreatif,” kata dia. (geh)

Tags: