Ribuan Personel Polrestabes Perketat PAM Debat Pilgub

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan

Polrestabes Surabaya, Bhirawa
Ribuan personel Polrestabes Surabaya siap memperketat pengamanan (PAM) jalannya pelaksanaan debat publik ketiga (terakhir) peserta Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018 di Dyandra Convention Center, Sabtu (23/6).
Seribuan personel Polrestabes Surabaya bakal disiagakan dalam pelaksanaan debat publik Pilgub Jatim yang disiarkan oleh dua TV Nasional dan tiga TV Lokal. Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan membenarkan adanya pengamanan ekstra dalam debat public Pilgub Jatim 2018 Sabtu besok.
“Ini debat terakhir Pilgub Jatim 2018. Kita melibatkan cukup banyak personel, total mencapai 1.000 personel, sesuai dengan prediksi ancaman yang ada,” kata Kombes Pol Rudi Setiawan saat ditemui usai pemantauan arus balik pemudik di Stasiun Surabaya Gubeng, Kamis (21/6).
Dalam pengamanan nantinya, Rudi menjelaskan, pihaknya akan melakukan overestimate dalam pengamanan debat terakhir nanti. Termasuk melebihkan penjagaan maupun memperketat pengamanan siapa saja peserta yang hadir disana. Ini semua diakui Rudi sudah dikoordinasikan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU).
“Pengamanan debat publik Pilgub Jatim 2018 terakhir ini bukan karena ancaman yang besar. Tapi kita ingin memberi kenyamanan yang lebih kepada dua paslon (pasangan calon) dan penyelenggara, supaya acara debat bisa berlangsung dengan lancar dan aman,” tegas Rudi.
Rudi menambahkan, total pasukan pengamanan tempat berlangsungnya debat publik bisa mencapai 1.000 personel. Biasanya, lanjut Rudi, pihaknya menurunkan 700 personel. Dengan digelarnya acara debat yang masih sama di Dyandra Convention Center, pihaknya menyiapkan dan menurunkan 1.000 personel.
“Nantinya kita akan lakukan pembatasan kendaraan maupun orang yang masuk ke gedung Dyandra. Mungkin akan terjadi antrean panjang di sepanjang Jl Basuki Rahmat. Dan akan terjadi parkir di tempat maupun gedung-gedung yang lain. Itu sudah kami antisipasi semuanya,” pungkasnya.
Sebagaimana diketahui, debat publik Pilgub Jatim 2018 ketiga atau terakhir ini masih dilaksanakan di Dyandra Convention Center, Surabaya, Sabtu (23/6). Dalam debat publik ini ada dua pasangan calon yang bertarung di Pilgub Jatim 2018. Mereka adalah Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak, pasangan calon nomor urut satu. Dan Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno, pasangan calon nomor urut dua. [bed]

Tags: