Relawan Jokowi Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih di Pilkada Jatim

Sapto Raharjanto

Surabaya, Bhirawa
Relawan Jokowi mengajak elemen masyarakat agar menggunakan hak pilih dalam pilkada Jawa Timur yang akan dilaksanakan serentak pada Rabu (27/6/2018) mendatang.
Pilkada kali ini meliputi level pemilihan pasangan gubernur dan wakil gubernur serta pemilihan pasangan bupati/wali kota beserta wakilnya.
Melalui seruan Forum Komunikasi Relawan Jokowi Jawa Timur yang diterima, Senin (25/6/2018), koordinator Seknas Jokowi Jatim Sapto Raharjanto menjelaskan sebagai bagian integral dari masyarakat, relawan Jokowi mengajak masyarakat untuk mewujudkan sebuah proses Demokrasi yang beradab di dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Jawa Timur tahun 2018.
“kita mendukung pelaksanaan proses pemungutan suara pemilihan gubernur jawa timur tanggal 27 Juni 2018 yang jujur, adil, dan transparan guna mewujudkan Jawa Timur yang aman, damai serta Kondusif, bebas isu SARA, intoleransi serta diskriminatif terhadap salah satu calon,” ungkap Sapto.
Sapto menyebut dari catatan Forum Komunikasi Relawan Jokowi Jawa Timur, masih banyak model model kampanye yang cenderung mendeskreditkan salah satu calon. Hal ini jelas sangat merusak iklim demokrasi di Jatim.
“Jangan sampai isu-isu agama, SARA dan lainnya terus menjadi komoditas politik yang sangat rawan untuk memecah belah masyarakat Jatim yang sangat pluralis,” terangnya
Sementara itu terkait tudingan Presiden Republik Indonesia ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono bahwa negara tidak netral dan banyak aparatur negara yang terlibat didalam pertarungan politik Pilgub Jatim dinilai relawan merupakan pernyataan kontraproduktif dan justru meresahkan masyarakat.
“Seharusnya sebagai orang yang paham demokrasi dan berpendidikan tinggi apakah tidak lebih baik Bapak SBY melaporkan ke Bawaslu dengan disertai bukti bukti yang kuat kalau memang ada aparatur negara yang terlibat aktif didalam pemilihan gubernur jawa timur, itu lebih baik ketimbang gembar gembor di media,” tambah Ketua Dewan Pimpinan Daerah Masyarakat Peduli Pangan (MAPAN) Jatim Purwadi.
Terkait kontestasi Pilgub Jatim FKRJ Jatim mengaku akan aktif melakukan pengawasan dalam pilkada Jatim selama 24 jam.
“Kita akan total dengan mengerahkan ribuan relawan Presiden Jokowi di kabupaten/kota se Jawa Timur yang akan memantau jalannya proses pemungutan suara di seluruh TPS,” ujar Purwadi.
Relawan lanjutnya akan terus melakukan kontrol tidak hanya pada saat Pilgub namun juga untuk masa kepemimpinan lima tahun kedepan bagi gubernur dan wakil gubernur Jatim terpilih.
“Kita akan terus berpartisipasi aktif untuk mengawasi kinerja kepemimpinan kandidat gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur terpilih selama lima tahun ke depan agar bisa terus selaras dengan program kerja pro rakyat pemerintahan Presiden Jokowi,” pungkas Sapto. (geh)

Tags: