Perjuangan Pengantar Logistik Pilkada ke TPS Terpencil di Situbondo

Personil Polsek Asembagus Bripka Sugik bersama Babinsa, Ketua KPPS, pengawas TPS dan Ketua PPS serta PPL mendistribusikan logistik Pilkada Jatim di TPS 9 di Dusun Rabesen, Desa Kertosari, Kecamatan Asembagus yang terpencil dan sulit dijangkau. [Sawawi]

Di Dusun Merak Harus Diantar Naik Perahu, di Dusun Rabesen Naik Motor
Kabupaten Situbondo, Bhirawa
Kabupaten Situbondo yang letak geografisnya sebagian besar berada di sepanjang pantai utara (pantura) memiliki sejumlah dusun yang ada di tengah laut. Satu diantaranya adalah Pulau Merak tepatnya berada di Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Dusun ini sudah dikenal masyarakat Tanah Air karena ratusan kepala keluarga (KK)-nya tinggal dikawasan terpencil di sebuah pulau tengah laut Situbondo. Tak hanya itu, ternyata sebagian lagi masyarakat Situbondo terletak di pegunungan terpencil seperti masyarakat di Dusun Rabesen, Desa Kertosari, Kecamatan Asembagus.
Dua Dusun terpecil dan terluar yang ada di Kota Santri ini menjadi tantangan tersendiri bagi kesigapan petugas pilkada Situbondo Jatim dalam menyalurkan distribusi logistik pilkada serentak tahun 2018 ini. Selain memerlukan kekuatan fisik yang tangguh dan kuat, para petugas juga dibutuhkan kesabaran dan perjuangan keras untuk sampai di lokasi TPS terpencil saat mengirim logistik pilkada. Seperti apa perjuangan para petugas khusus pilkada di daerah terpencil tersebut ?.
Selasa (26/6) sore lalu, tim khusus pengantar logistik yang dipimpin langsung Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono bersama Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Akhmad Juni Toa harus menggandeng sebuah komunitas motor trail saat menuju ke Pulau Merak. Mantan Kasat Sabhara Mapolrestabes Surabaya itu tak hanya sendirian, dengan didampingi Wakapolres Iswahab dan Kapolsek Banyuputih mulai siaga.
Orang nomor satu di jajaran Polres Situbondo bersama Dandim lebih dahulu melakukan kesiapan sarana transportasi sebelum menuju lokasi TPS terpencil di Dusun Merak Desa Sumberwaru Kecamatan Banyuputih. “Sebelum menuju TPS yang berada di tengah laut itu, rombongan bersama Dandim, Waka Polres, Kabag Ops dan Kapolsek Banyuputih IPTU Bambang Irianto, lebih dulu mengecek kesiapan logistik pilkada Jatim di PPK Kecamatan Banyuputih,” aku Kapolres Awan.
Menurut Kapolres Awan Hariono, sebelum didistribusikan ke masing-masing TPS pihaknya bersama rombongan mengecek kesiapan logistik pilkada di PPK Banyuputih. “Dari hasil pemantauan kami, logistik pilkada di PPK Banyuputih sudah siap dan tidak ditemukan permasalahan apapun,” terang AKBP Awan Hariono.
Masih kata Kapolres Awan, untuk menuju ke wilayah Dusun Merak, rombongan juga harus didukung Komunitas Trail karena akses jalan yang sulit melewati kawasan Hutan Baluran dengan medan jalan berbatu dan berbukit. Untuk sampai ke kawasan Dusun Merak ini, sambung Kapolres Awan, tim harus penuh dengan sanggup dengan tantangan andrenalin yang tinggi. Ini, kata dia, selain medan yang terjal dan berliku, jalan menuju kawasan Dusun Merak sangat terjal serta penuh dengan kerikil tajam. “Bahkan jaraknya sangat panjang sekitar 8-10 km,” aku Kapolres Awan.
Sesampainya di TPS Dusun Merak, Kapolres Situbondo bersama Dandim didampingi aparatur desa dan petugas PPK, PPS langsung mengecek lokasi halaman rumah salah satu warga setempat yang akan digunakan sebagai TPS saat pencoblosan Pilkada Jatim, Rabu (27/6). Menurut Kapolres Awan pengecekan dilakukan untuk memastikan kesiapan personil Pam TPS baik TNI/Polri.
“Semua petugas harus mengetahui lokasi bertugas. Kami minta semua membangun komunikasi dengan aparatur desa, RT, RW dan warga serta petugas PPS dalam rangka susksesnya pilkada Jatim yang aman dan Damai,” pinta Kapolres Awan seraya berharap petugas pengamanan lebih berhati-hati dan waspada serta memperhatikan keselamatan selama bertugas dilokasi terpencil.
Sementara itu Kasubag Humas Polres Situbondo IPTU Nanang Priyambodo mengakui untuk sampai ke TPS Dusun Merak, pihaknya memerlukan waktu tempuh 8-10 jam lamanya. Bersama dengan jajaran Babhinkamtibmas, Babinsa dan Petugas PPS, tim Polres berhasil mengirim Logistik pilkada di Dusun terpencil tersebut.
Masih kata Nanang, tim Polres lainnya juga melakukan kesiapan pengiriman logistik pemilu di Dusun Rabesen Desa Kertosari Kecamatan Asembagus Situbondo, satu Dusun yang sangat terpencil. “Dua Dusun ini memerlukan kesiapan yang paripurna karena letaknya yang terpencil,” aku mantan Kanit Tipikor itu.
Nanang menambahkan, personil Polsek Asembagus Bripka Sugik bersama Babinsa, Ketua KPPS, pengawas TPS dan Ketua PPS serta PPL harus berada dalam kondisi fisik yang sempurna saat mendistribusikan logistik Pilkada Jatim menuju TPS 9 yang berlokasi di dusun Rabesen Desa Kertosari Kecamatan Asembagus yang notabene lokasinya terpencil dan sulit dijangkau masyarakat.”Dusun Rabesen ini sangat jauh dan terpencil karena berada dipelosok pegunungan,” terang Nanang.
Disisi lain, Bripka Sugik personil Polsek Asembagus mengakui untuk sampai ke lokasi TPS Dusun Rabesen, ia bersama tim khusus harus menaiki motor dan berboncengan bersama petugas penyelenggara pilkada secara bergantian saat membawa logsitik pilkada. Pasalnya, aku Sugik, untuk menuju TPS 9 Dusun Rabesen perlu persiapan matang karena berjarak kurang lebih 20 km dengan medan jalan yang sempit. “Lokasi jalan menuju kesana (Dusun Rabesen) hanya setapak, terjal dan kanan kirinya dihimpit perbukitan. Hanya bisa dilalui satu motor dengan waktu tempuh sekitar 4 jam lamanya,” kupas Sugik.
Bripka Sugik menuturkan, keberadaan medan yang sulit saat menuju Rabesen itu bukan menjadi penghalang bagi dirinya dan TNI serta petugas/panitia pilkada untuk mendistribusikan logistik di daerah terpencil. Demi suskesnya pesta demokrasi pilkada Jatim 2018, tim khusus bersama masyarakat Dusun Rabesen akhirnya sukses mempersiapkan sarana pemilihan pilkada 2018. “Alhamdulillah semua logistik pilkada untuk TPS 9 di Dusun Rabesen sudah sampai dilokasi dengan selamat dan semua keadaan logistik dalam keadaan baik,” pungkas Bripka Sugik. [Sawawi]

Tags: