Perbasasi Surabaya Menang di Baori

Ketua Umum Perbasasi Surabaya hasil Muskotlub 21 Mei 2018, Yayuk Sri Utami bersama tim pengacara dan pengurus klub softball-baseball saat melakukan sosialisasi dan tasyakuran. [Wawan triyanto]

Pengprov Wajib Segera Melantik Pengurus
Surabaya, Bhirawa
Sengketa organisasi di tubuh Pengkot Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Surabaya berakhir. Lewat jalur hukum, Badan Abritasi Olahraga Republik Indonesia (BAORI) mengabulkan seluruh gugatan yang dilayangkan sejumlah klub Surabaya.
Kini Pengprov Perbasasi Jatim wajib melantik pengurus Perbasasi Surabaya, karena dalam amar putusan BAORI Nomer 03/P.BAORI/III/2018 menyebutkan ‘Memerintahkan kepada Termohon (Syamsu Rizal Ketua Umum Perbasasi Jatim) menerbitkan Surat Keputusan tentang Susunan Pengurus Pengkot Perbasasi Surabaya periode 2017-2021 selambat-lambatnya 30 hari terhitung sejak putusan di bacakan.
Selain itu dalam putusan itu juga menyebut membebankan biaya perkara sebesar Rp50 juta kepada pihak termohon.
Dalam putusan BAORI Nomer 03/P.BAORI/III/2018, juga disebutkan SK Plt Pengurus Cabang Perbasasi Surabaya NO: 265/Perbasasi-Jatim/SK18/XI2017 tertanggal 2 Desember 2017 tentang Penetapan PLT (Pelaksana Tugas) Pengurus Kota Perbasasi Surabaya Tidak Memiliki Kekuatan Mengikat dan Batal Demi Hukum.
Selain itu, dalam salinan putusan BAORI juga memerintahkan kepada termohon/tergugat, yaitu Pengprov Perbasasi Jatim untuk menerima hasil Muskotlub Perbasasi Surabaya tertanggal 21 Mei 2017.
“Kita semua bersyukur dengan keputusan BAORI ini. Olahraga tidak harus disibukan dengan masalah seperti ini. Dengan putusan ini, kita akan fokus untuk segera melaksanakan program kerja, ” ujar Yayuk Sri Utami, Ketua Umum Perbasasi Surabaya hasil Muskotlub 21 Mei 2018, Sabtu (2/6).
Kasus ini bermula dari gugatan hukum tentang”Permohonan Penyelesaian SK Pengurus Pengkot Perbasasi Surabaya 2017-2021″ yang dilayangkan empat klub Surabaya kepada Ketua Pengprov Perbasasi Jatim, Syamsu Rizal. Empat klub itu adalah Hawks, Alligator, Sriti dan Blue Shark.
“Keputusan ini sudah inkrach. Masalah ini sudah lama sekali, berulang kali ada surat SK pembekuaan sebelum saya terpilih. Semoga putusan BAORI ini menjadi langkah awal untuk memperbaiki semua agar prestasi softball dan baseball Jatim kembali berjaya, ” harapnya.
Saat disinggung mengenai uang biaya perkara Rp 50 juta yang dibebankan ke pihak termohon, Yayuk Sri Utami juga berharap masalah itu juga bisa diselesaikan karena sudah tertuang dalam surat surat keputusan Baori. “Karena itu keputsan Baori dan harus dijalankan,” katanya.
Sementara itu salah satu pengacara Finantha berharap pihak termohon Syamsu Rizal yang juga ketua umum Ketua Umum Perbasasi Jatim untuk mematuhi segala putusan Baori, termasuk melantik pengurus Perbasasi Surabaya. “Semua keputusan Baori harus dilaksanakan,” tegasnya. [wwn]

Rate this article!
Tags: