Pemudik Menggunakan Kereta Bertambah

Kereta api sarana angkutan masal sangat diminati masyarakat.

Kota Malang, Bhirawa
Pemudik yang menggunakan moda transportasi kereta api (KAI) tahun ini mengalami lonjakan. Sayangnya, tak sedikit konsumen yang mengeluh susah untuk mendapatkan tiket.
Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia, Edi Sukmoro menyampaikan, total ada 4,3 juta pemudik yang diangkut KAI sampai dengan 20 Juni 2018. Angka itu mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 4,1 juta pemudik.
“Penumpang yang naik kereta lebih banyak, namun memang masih ada yang mengeluh susah mendapatkan tiket,” katanya pada wartawan di sela-sela pemantauan pelaksanaan lebaran di Stasiun Kota Baru Malang, Kamis 21/6 kemarin.
Menurutnya, kenaikan jumlah penumpang tersebut merupakan tren positif. Sehingga perburuan tiket susah lantaran para penumpang saling berebut. Ke depan, beberapa layanan akan kembali dioptimalkan untuk menambah jumlah penumpang KAI.
Selain bekerjasama dengan pihak ke tiga, KAI menurutnya juga sudah menyediakan mesin pencetak tiket yang dapat langsung dimanfaatkan para calon penumpang. Di berbagai stasiun besar termasuk Stasiun Kota Baru Malang sudah disediakan mesin tersebut.
“Memang masih perlu dikenalkan lagi ke masyarakat. Bisa membeli tiketnya langsung, memilih tempat duduk dan mencetak dari mesin yang sama,” jelas Edi.
Saat ini, pemanfaatan mesin pencetak itu menurutnya belum terlalu signifikan. Ketika masyarakat sudah banyak menggunakannya, maka setiap stasiun akan ditambah mesin yang sama.
Lebih jauh dia menjelaskan, layanan terhadap penumpang lanjut usia juga dilakukan melalui pemberian diskon sebesar 20 persen. Pemberlakukan diskon tersebut tetap dijalankan meskipun mudik sudah selesai. [mut]

Rate this article!
Tags: