Pemkot Malang Berangkatkan 901 Peserta Mudik Gratis

Pemkot Malang, Bhirawa
Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Perhubungan kembali menggelar Mudik Gratis Tahun 2018 dengan moto “Monggo Mudik Bareng Ker”. Mudik gratis ini rencananya akan di berangkatkan dari depan halaman Balai Kota Malang pada Jumat (8/6) pukul 07.00 WIB.
Sebanyak 19 Armada bus dengan jumlah total 949 seat telah disiapkan oleh Dinas Perhubungan Kota Malang dalam upaya melayani masyarakat untuk mudik gratis. 19 armada bus itu terdiri dari 13 armada bus Medali Emas, 3 Bus Restu, dan 3 bus Pelita Mas.
Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Kusnadi, mengatakan dari 19 bus itu, Pemkot Malang menyediakan 9 bus dan sebanyak 10 bus merupakan bantuan dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur. “Ada 9 jurusan kota di Provinsi Jawa Timur yang menjadi tujuan mudik kali ini,” kata Kusnadi.
Adapun 9 jurusan itu antara lain yakni empat unit bus ke Malang – Sumenep (PP) dengan total 191 penumpang, dua unit bus ke Malang Pamekasan (PP) dengan total 109 penumpang, empat bus ke Malang – Bojonegoro (PP) dengan total 178 penumpang, dua bus Malang – Ngawi (PP) dengan total 103 penumpang, satu bus Malang – Ponorogo (PP) dengan total 55 penumpang, tiga bus Malang Trenggalek (PP) dengan total 132 penumpang, satu bus Malang – Lumajang (PP) dengan jumlah 48 penumpang, satu bus Malang – Jember (PP) dengan total 43 penumpang, dan satu bus Malang – Banyuwangi dengan jumlah 42 penumpang.
“Total semua jumlah peserta mudik gratis ada sebanyak 901 penumpang,” tukasnya.
Menurut Data Dishub Kota Malang, jumlah peserta mudik pada tahun ini mengalami kenaikan cukup signifikan. Pada tahun 2017 Dinas Perhubungan berhasil memberangkatkan sebanyak 725 penumpang dengan 15 unit bus dengan 6 jurusan di Jawa Timur. Tahun ini Dishub menambah rute jurusan menjadi 9 tujuan dengan 901 penumpang dan 19 armada bus.
“Artinya ada kenaikan jumlah penumpang pada tahun lalu peserta mencapai 725 orang dari jumlah total seat yang disediakan yakni 885 atau jika diprosentasekan yakni 82 persen. Sedang pada tahun ini, jumlah seat 949 dan total penumpang 901 atau jika diprosentase naik menjadi 91 persen,” beber Kusnadi.
Guna keselamatan para penumpang, Dinas Perhuhubungan Kota Malang akan tetap melakukan pengawalan dengan memberikan satu petugas di tiap bus untuk mendampingi para peserta mudik gratis tersebut.
“Kami berharap program ini mampu mengatasi tingkat kemacetan di masa lebaran 2018, mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas serta memberikan rasa aman dan nyaman penumpang mudik,” pungkasnya. mut

 

Tags: