Nyoblos di TPS Gayungsari, Gus Ipul Menang Telak

Pemprov Jatim, Bhirawa
Wakil Gubernur Jatim Drs H Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang juga Calon Gubernur Jatim memberikan hak suaranya bersama keluarga di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03, Kelurahan Gayungan, Kecamatan, Kota Surabaya, Rabu (27/6). Gus Ipul datang ke TPS menggunakan baju koko putih berkopyah didampingi istri Dra Hj Fatma Saifullah Yusuf dan ketiga anaknya.
Gus Ipul yang berpasangan dengan Puti Guntur Soekarno menang mutlak di TPS yang tidak jauh dengan kediamannya ini. “Hasilnya, suara Gus Ipul-Puti meraih 272 suara dan Khofifah-Emil Dardak 176 suara, sedangkan lima suara tidak sah,” ujar Ketua KPPS TPS 03 Kecamatan Gayungan, Vina Arditasari, usai penghitungan.
Total surat suara sah di TPS yang jaraknya sekitar 300 meter dari rumah pribadi Gus Ipul tersebut yakni 484 suara sehingga total surat suara yang terpakai adalah 453 suara. “Rincian jumlah suratnya, tersedi 578 surat suara, kemudian yang menggunakan hak pilih 453 orang sehingga surat suara yang tidak terpakai 125 surat suara,” ucapnya.
Pilgub Jatim yang digelar 27 Juni 2018 untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2019-2024 diikuti dua pasangan calon, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dengan nomor urut 1, dan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno nomor urut 2. Pasangan nomor 1 merupakan calon dari koalisi Partai Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Hanura dan NasDem, sedangkan pasangan nomor 2 adalah calon dari gabungan PKB, PDI Perjuangan, PKS serta Gerindra.
Usai mencoblos, Gus Ipul mengatakan, masyarakat Jatim harus menggunakan hak suaranya sesuai hati nuraninya dengan baik dan benar. Karena hak suara pilihan masyarakat sangat menentukan masa depan Jawa Timur lima tahun mendatang. “Mari kita gunakan suara kita untuk memilih pemimpin 5 tahun mendatang. Tak hanya itu, mari kita jaga suara rakyat untuk mendapatkan pemimpin,” katanya.
Pada kesempatan itu, Gus Ipul juga berharap agar masyarakat tidak hanya memberikan hak suaranya, tetapi ikut bersama-sama mengawasi jalannya Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim. “Kita bersama juga harus mengawasi guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.
Di hadapan para awak media, Gus Ipul berharap agar proses demokrasi yang sudah berjalan seperti di Jatim ini harus menumbuhkan kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat. “Inilah demokrasi khas Indonesia, kita berharap melalui demokrasi rakyat semakin makmur,” ujarnya. [iib]

Tags: