Menteri ESDM Sidak Stok BBM di SPBU Bagor

Menteri ESDM Ignasius Jonan meninjau ketersediaan BBM dan operasional SPBU sepanjang jalur mudik di wilayah Kabupaten Nganjuk. [ristika]

Nganjuk, Bhirawa
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meninjau langsung ketersediaan bahan bakar minyak dan operasional SPBU sepanjang jalur mudik di wilayah Kabupaten Nganjuk. Ignasius Jonan didampingi Plt Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas’ud Khamid.
Jonan yang mengenakan kemeja hitam, celana panjang coklat lengkap dengan kaca mata hitam menanyakan kesiapan salah satu SPBU di jalur mudik Jakarta-Surabaya tepatnya di Kecamatan Bagor.
Ignasius Jonan mengatakan, kunjungan yang dia lakukan untuk menjamin pasokan BBM saat arus mudik dan balik lebaran tahun ini. Untuk itu, bahkan PT Pertamina telah menyiapkan 200 motor penjual BBM yang ditempatkan di sekitar daerah rawan kemacetan. Bahkan 40 motor diantaranya melayani penjualan di jalur tol Jawa.
“Satu motor dapat membawa 50 liter. Total motor BBM yang disiapkan di jalur mudik Jawa dan Sumatera sekitar 200 motor untuk antisipasi kendaraan yang kehabisan BBM saat terjebak macet,” ungkap Ignasius Jonan saat meninjau SPBU 54.644.15 di wilayah Kecamatan Bagor.
Jonan menambahkan, dalam rangka mengantisipasi permintaan BBM jenis premium, akan ada tambahan sebanyak 571 SPBU di Jawa Madura dan Bali yang akan menjual premium. Hal tersebut sesuai arahan presiden, sebisa mungkin premium disediakan lebih merata. Jadi SPBU yang menjual Premium akan meningkat dari sekitar 1500 SPBU menjadi 2000 lebih SPBU.
Tambahan sebanyak 571 SPBU yang menjual Premium akan siap operasi bertahap paling lambat 6 Juni 2018. Pemerintah ingin memastikan agar pasokan BBM aman di sepanjang jalur mudik, khususnya pada periode arus mudik dan balik. ” Di Jawa Madura dan Bali, satu hari satu SPBU bisa suplai premiun 8000 liter, itu cukup. Itu banyak lho,” ungkap Menteri Jonan.
Pada kesempatan itu, Menteri Jonan juga sempat mencoba motor penjual BBM. Pada motor tersebut terdapat 5 jirigen yang masing-masing terisi 10 liter BBM. Tidak lama di SPBU Bagor, Menteri Jonan dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Jombang dan Mojokerto. [ris]

Tags: