Menguatkan Performa Internasional Kampus

Prof Masdar Hilmy

Prof Masdar Hilmy
Kursi Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) baru saja berpindah tangan dari Prof Abdul A’la ke Prof Masdar Hilmy. Guru besar sosiologi politik tersebut diambil sumpah jabatasn oleh Menteri Agama di Jakarta dua hari lalu, Rabu (6/6).
Usai disahkan memegang jabatannya sebagai rektor, Prof Masdar mengungkapkan syukur telah dipercaya sebagai rektor setelah melalui berbagai tahapan sejak Maret 2008. Pihaknya pun berupaya segera menetapkan targetnya untuk memperkuat performa internasional kampus. Salah satunya dengan menambah aspek internasional outlook. Sehingga bukan sekedar tampilan saja tapi performa internasional melalui program pertukaran internasional dapat berjalan. Selain itu, ia juga berencana akan menambah jumlah visiting profesor dan menambah jumlah komposisi dosen internasional.
“Kita juga akan melakukan penguatan indeksitas hasil penelitian baik dosen maupun mahasiswa ke jurnal internasional. Semakin banyak penelitian yang dirujuk maka akan memiliki nilai tambah universitas,”urainya. Hal tersebut, lanjut Prof Masdar, dilakukan semata-mata untuk meneruskan progress UINSA untuk menjadi salah satu universitas World Class.
Di samping target internasionalisasi kampus, pihaknya juga tetap akan berupaya memperkuat tri dharma perguruan tinggi sebagai kewajiban mutlak kampus.
“Prof A’la sudah melakukan banyak hal, mulai seperti KKN internasional untuk mengawali program internasional ini,” lanjutnya.
Berbagai gagasan dan target yang akan dia kerjakana, Prof Masdar mengakui tidak mungkin merumuskan Visi Misi itu sendiri. Karena itu, suatu hal yang pasti adalah akan melanjutkan rencana jangka panjang UINSA yang sudah di mulai rektor sebelumnya. [tam]

Tags: