Komitmen Seimbangkan Prestasi Akademik dan Non-akademik

Kasek SDIT Nurul Anshar Situbondo (tengah) Sudibyo SPd MPd saat membuka lomba sinopsis jenjang SD baru baru ini. [sawawi]

Mengenal SD Islam Terpadu Nurul Anshar Situbondo
Situbondo, Bhirawa
Prestasi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Anshar, yang beralamat di Jalan Ijen Nomor 1 Situbondo kian mentereng saja. Ini setelah sekolah SD swasta yang berada di bawah naungan pendidikan Al-Ma’arif NU Cabang Situbondo itu mampu meraih prestasi nasional di Jakarta baru baru ini. Torehan membanggakan ini kian menambah koleksi prestasi dibidang akademik maupun non akademik ditingkat nasional sepanjang tahun 2018. Pencapaian prestasi itu disambut gembira keluarga besar SDIT Nurul Anshar, mulai jajaran Komite Sekolah, orang tua murid, tenaga pendidik dan Kepala Sekolah.
Kepala Sekolah (Kasek) SD Islam Terpadu Nurul Anshar Situbondo, Sudibyo S.Pd, M.Pd, mengatakan, siswanya yang bernama Callysta Salma kembali berhasil meraih predikat juara nasional dalam ajang lomba ‘Indonesia Berprestasi” baru baru ini. Penyelenggaraan seleksi prestasi berbagai mata pelajaran (mapel) itu diadakan oleh Erlina Production Sidoarjo, yang dipusatkan di TMII Jakarta. Tim SDIT Nurul Anshar ditetapkan sebagai peraih juara 3 oleh panitia lomba olimpiade 2018.
“Sejumlah piala dan piagam yang diraih disambut gembira oleh keluarga besar SDIT Nurul Anshar Situbondo,” aku pria yang juga pakar pembuat soal UN Matematika itu.
Yoyok-panggilan akrab Sudibyo-mengaku bangga atas pencapaian juara nasional pada pelaksanaan Indonesia Berprestasi tahun 2018. Pria yang juga pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Situbondo menuturkan, raihan prestasi yang diraih anak didiknya dapat menambah deretan prestasi akademik pada tahun ajaran pendidikan 2018 ini. “Kami bersama keluarga besar SDIT Nurul Anshar Situbondo, sangat mengapresiasi pencapaian prestasi ditingkat nasional ini,” tutur Yoyok.
Masih kata Yoyok, setelah ditetapkan menjadi juara nasional para anak didiknya terus intensif melakukan pelatihan pembelajaran untuk menghadapi lomba dan event lain. Adapun nama siswa peraih juara nasional lomba Indonesia Berprestasi diantaranya lomba mapel MIPA atas nama Callysta Salma dengan meraih juara 3 nasional di TMII Jakarta.
“Alhamdulillah nanda Nasyifa juga meraih juara 5 mapel Matematika dan juara 6 mapel Sains. Terima kasih anak anakku, teruslah berkarya dan berprestasi. SDIT Nurul Anshar untuk Indonesia Tercinta,” ungkap Yoyok.
Salah satu guru SDIT Nurul Anshar Situbondo, Syarkawi menambahkan, sejak beberapa tahun terakhir ini siswa siswinya yang menimba ilmu dilembaganya mampu bersaing dengan sekolah lain dalam raihan prestasi baik tingkat Kabupaten, Provinsi dan Nasional.
“Kedepan kami (SDIT Nurul Anshar) akan terus berkomitmen untuk menjadikan lembaga pendidikan yang maju dan berprestasi secara akademik dan non akademik,” pungkas Syarkawi.

Rajin Mengikuti Lomba Tingkal Lokal dan Nasional
Sejak SDIT Nurul Anshar Situbondo dinahkodai Sudibyo, banyak program unggulan yang dicanangkan untuk mencetak siswa lulusan yang berkualitas. Agar program itu berjalan sukses, Yoyok bersama seluruh tenaga pendidikan banyak melibatkan siswa siswinya untuk mengikuti ajang lomba baik lokal regional maupun tingkat nasional. Selain itu, SDIT juga kerapkali mengadakan seleksi lomba seperti lomba sinopsis jenjang SD tingkat Kabupaten Situbondo belum lama ini.
Sudibyo, Kasek SDIT Nurul Anshar Situbondo menuturkan, dirinya bersama keluarga besar sekolah juga intens memberikan ilmu keagamaan secara simultan sehingga siswa memiliki penguasaan ilmu umum dan ilmu agama. Seperti misalnya, Yoyok mencontohkan, SDIT Nurul Anshar rutin menggelar dzikir akbar berupa istighosah bagi siswa-siswi kelas 6 bersama dewan guru dan orang tua setiap menjelang ujian kelulusan. “Ini dalam rangka untuk memohon ridho Allah SWT agar sukses menempuh Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN),” papar pengurus Komite SMAN 1 Panji itu.
Buah kesuksesan dari kerja keras serta kedisiplinan yang digagas Yoyok bersama guru akhirnya kembali membuahkan hasil sehingga menorehkan prestasi tingkat nasional lomba MIPA di TMII Jakarta baru baru ini. Yoyok juga bersyukur karena siswa SDIT Nurul Anshar ikut mengharumkan nama baik Situbondo pada level nasional bersama siswa SD lainnya. “Kami kembali berhasil mengukir prestasi yang sangat membanggakan. Selamat untuk siswa siswi terbaik SDIT Nurul Anshar Situbondo. Jayalah terus Nurul Anshar Situbondo,” tandas Yoyok.
Sementara itu Muzayyanah SPdi, guru SDIT Nurul Anshar menambahkan, sebagai salah satu pendidik dirinya juga patut bersyukur atas suksesnya pencapaian prestasi pada level nasional. Kata Muzayyanah, semua program itu berjalan lancar karena didukung dengan kekompakan dan kebersamaan antara orang tua murid, komite sekolah dan para guru pembina. “Kami bersama Kasek siap mencetak siswa yang sholeh dan sholehah. Kami juga patut berterimakasih atas kerjasama yang baik dengan berbagai mitra kerja sehingga prestasi SD Islam Terpadu Nurul Anshar kian meningkat,” pungkas Muzayyanah. [awi]

Tags: