KIP Unggul, Gus Ipul Tunggu Hitungan KPU Jatim

Hasil Sementara Quick Count
Surabaya, Bhirawa
Berdasarkan hitungan quick count yang dilakukan oleh beberapa lembaga survey, pasangan Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak ungul di banding pasangan Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarnoputri. (Gus Ipul-Puti). Sedangkan Gus Ipul menunggu hitungan manual dari KPU Jatim.
Suasana di kediaman cagub Jatim nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa, mulai ramai. Para petinggi partai pengusung dan pendukung mulai berdatangan di Jemur Sari VIII/ 124 Surabaya. Hadir pertama Sekretaris Partai Demokrat Jatim Renville Antonio, lalu Sekretaris PPP Jatim, serta Bendahara PAN Agus Maimun. dan disusul oleh Plt ketua Partai Golkar Jatim Zainuddin Amali.
Kepada Wartawan Renville Antonio yang juga sekretaris tim pemenangan Khofifah Emil, menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Jatim yang sudah memilih paslon yang diusung oleh Demokrat, Golkar, PPP, Hanura, dan PAN serta didukung PKPI dsn PBB.
“Atas nama Tim pemenangan Khofifah Emil, kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memilih Khofifah Emil, yang artinya masyarakat bisa memahami visi dan misi dan menilai paslon satu adalah yang terbaik,” ungkap Renville, Rabu (27/6).
Kata Renville ini pertanda Masyarakat menginginkan estafet kepemimpinan dari pakde Karwo kepada Khofifah Emil. Saat ini kata Renville pihaknya serius mengawal dan mengamankan hasil real qount KPU “Mudah mudahan bisa bertahan hingga real qount oleh KPU. Hari ini kami tetap khusus fom C KWK dan C1 KWK untuk kami data tahapan tahapan dari seluruh Jatim.
Plt Ketua Partai Golkar Jatim , Zainuddin Amali mengaku senang dan bersyukur sebab apa yg diperjuangkan berbulan bulan berkahir dengan kemenangan. “Ini kemenganan yang sudah lama kita prediksikan. dan kita senang dan bersyukur dengan hasil ini dari kerja kita yang berbulan bulan,” ungkap ZA sapaan akrab Zainuddin Amali.
ZA menegaskan sudah memerintahkan Satgassus Pengamanan Pilgub Jatim untuk mengawal dan menjaga hasil suara ini hingga di tetap kan oleh KPU.
Sementara itu Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Drs H Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno memilih menunggu hasil penghitungan manual yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait hasil Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018.
“Kami masih menunggu hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU, mulai tingkat TPS hingga provinsi,” ujar Gus Ipul, sapaan karb Saifullah Yusuf, kepada wartawan di kediamannya di kawasan Gayungan Surabaya, Rabu (27/6).
Cagub yang juga Wagub Jatim itu mengimbau kepada pendukung, simpatisan, kader partai politik maupun masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti proses hingga tuntas. “Mungkin besok (hari ini, red) akan ada kabar baru,” ungkapnya.
Kendati demikian, ia mengaku menghormati dan menghargai hasil penghitungan cepat yang dilakukan sejumlah lembaga dan mempublikasikannya di televisi maupun media massa lainnya. “Mencermati hasil yang telah dirilis dari penghitungan cepat, kami sangat menghormati dan menghargainya,” ucapnya.
Mantan Ketua Umum GP Ansor itu juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan rakyat Jatim yang telah menggunakan hak suaranya di TPS. Selain itu, ia dan Mbak Puti akan terus mencermati laporan-laporan dari tim yang ada di lapangan untuk dikumpulkan, setelah itu dianalisia dan hasilnya disampaikan ke publik dalam beberapa waktu ke depan.
Di tempat sama, Cawagub Jatim Puti Guntur Soekarno menyampaikan hal serupa dan berharap kader maupun simpatisan tetap tenang sembari menunggu hasil penghitungan manual oleh KPU Jatim. “Semuanya untuk tetap semangat dan menunggu hasil penghitungan manual KPU Jatim,” kata cucu Bung Karno tersebut.
Sementara itu, berdasarkan hasil hitung cepat Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Listianto Dardak memenangi kontestasi Pilkada Jatim 2018.
“Perbedaan persentase perolehan suara antara Khofifah-Emil dengan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno hanya enam persen, maka dipastikan Khofifah-Emil menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim berdasarkan hitung cepat LSI Denny JA,” kata peneliti LSI Denny JA, Mohammad Khotib di Jakarta.
Berdasarkan persentase data sementara yang masuk pada Rabu (27/6) pukul 16.05 WIB, Khofifah-Emil memperoleh 54,14 persen suara atau unggul dari lawannya yakni Saifullah Yusuf alias Gus Ipul-Puti Guntur Sukarno yang memperoleh 45,86 persen suara.
Dari data hitung cepat LSI Denny JA hingga pukul 16.06 WIB, data yang masuk dalam Pilkada Jatim sebesar 96,50 persen, dengan tingkat partisipasi pemilih atau voter turnout (VTO) sebanyak 65,03 persen, dengan “margin of error” sebesar 1 persen. Namun, ia menegaskan bahwa pemenang Pilkada Jatim akan merujuk hasil perhitungan atau rekapitulasi KPU setempat. [iib]

Hasil Sementara Quick Count
Versi Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC)
Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak: 52,37%
Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno: 47,63%
Lingkaran Survei Indonesia (LSI)
Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak: 55,92%
Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno: 44,08%
Lembaga Survei Indikator
Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak: 54,05%
Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno: 45,94%
Data diambil pukul 20.00 wib

Tags: