Jasa Marga Target Tol Pasuruan-Grati Beroperasi Akhir Tahun Ini

Sejumlah pekerja saat mengerjakan proyek pembangunan tol Gempol-Pasuruan, tepatnya di Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Kamis (28/6) sore. Jasa Marga menargetkan Tol Pasuruan-Grati bisa beroperasi akhir tahun ini. [Hilmi Husain]

Pasuruan, Bhirawa
Pembangunan konstruksi jalan tol Gempol-Pasuruan hingga saat ini terus dikebut. Humas PT Jasamarga Gempol Pasuruan (JGP), Roedi Poerwanto menyampaikan progres konstruksi pembangunannya sudah mencapai 35 persen dan pengadaan tanah mencapai 90 persen.
Dari tiga seksi sepanjang 34,15 kilometer mulai Gempol-Pasuruan, saat ini tersisa 13,65 kilometer pada seksi III yakni ruas Pasuruan-Grati. “Hingga saat ini progres kontruksinya mencapai 35 persen dan terus berjalan,” ujar Roedi Poerwanto, Kamis (28/6) sore.
Adapun target operasional bisa tercapai, apabila proses pembebasan lahan tuntas pada Juli 2018 ini. Sehingga pengoperasian jalan tol Gempol-Pasuruan sejauh 34,15 kilometer secara menyeluruh dapat beroperasi pada akhir 2018 nanti.
“Kominten kami adalah menyelesaikan pekerjaan konstruksi tepat waktu. Jika lahan mencapai 100 persen pada bulan Juli, maka pembangunan konstruksi diperkirakan selesai dan dapat beroperasi pada akhir 2018 ini,” kata Roedi Poerwanto.
Tentu saja, keberadaan ruas jalan tol Gempol-Pasuruan yang akan tersambung dengan jalan tol Pasuruan-Probolinggo sangat berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Pulau Jawa. “Dampaknya pada strategis bagi kelancaran arus transportasi barang dan jasa serta memacu pertumbuhan ekonomi di Pulau Jawa,” jelas Roedi Poerwanto. [hil]

Tags: