Hari Pertama Kerja, Layanan Samsat dan SIM Membludak

Sejumlah pemohon SIM tampak membludak diruang pelayanan satu atap Mapolres Situbondo, Kamis (21/6). [sawawi]

Bojonegoro, Bhirawa
Di hari pertama kerja pasca libur Lebaran Idulfitri 1439 Hijriyah, Kantor Bersama (KB) Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Bojonegoro dan Situbondo sesak dipenuhi masyarakat wajib pajak (WP) yang hendak membayar pajak kendaraan baik roda dua maupun roda empat, Kamis (21/6).
Pantauan Bhirawa, para wajib pajak telah mengantri di Kantor Samsat yang berada di Jalan Teuku Umar Bojonegoro ini sejak Pukul 08.00 WIB untuk membayar pajak kendaraannya. Antrian itu terlihat berjubel di loket 1 tempat pendaftaran wajib pajak hingga keluar halaman Kantor Samsat setempat.
Banyaknya WP tersebut, membuat pihak KB Samasat Bojonegoro membuka loket tambahan di depan area pintu masuk, guna memfasilitasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada calon WP kendaraan tersebut.
Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi (KRI) Satlantas Polres Bojonegoro IPTU Kadek Aditya Yasa Putra,SIK.MH mengungkapkan membludaknya para wajib pajak itu di kantor Samsat karena sejak 11 – 20 Juni pelayanan di kantor Samsat sudah libur bersama lebaran.
“Ini hari pertama kembali beraktivitas jadi wajar kalau banyak warga yang datang. Untuk itu pihaknya pun memaklumi beberapa hari lalu adalah libur bersama seluruh instansi terkait dengan perayaan lebaran,” ucapnya.
Dengan membludaknya itu, Iptu Kadek mengaku adanya penambahan loket pembayaran pajak untuk memudahkan dan memfasilitasi WP dalam mebayar pajak Kendaraan. “Tambahan loket itu khusus untuk perpanjangan Pajak kendaraan, namun Perpanjangan STNK tetap didalam samsat,” terangnya.
Tidak hanya itu saja. IPTU Kadek menambahkan, selain membuka loket tambahan, pihaknya juga menambah jam kerja selama 2 jam, dimana biasaya KB Samsat jika masa layanan reguler dimulai pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB, namun untuk hari ini, Kamis (21/6) akan buka sampai 14.00 WIB
“Penambahan loket dan jam layanan berlaku sampai tidak ada antrian wajib pajak di kantor Samsat, demi pelayanan prima terhadap masyakarat,” pungkasnya.

Layanan SIM
Sementara itu Hari pertama masuk kerja di Kantor Pelayanan SIM Mapolres Situbondo diserbu masyarakat paska libur panjang lebaran 2018, Kamis (21/6). Dari data antrian diruang pelayanan SIM yang dibuka pukul 08.00 wib hingga pukul 10.00 wib sedikitnya ada 147 masyarakat yang mengantri. Jumlah sebanyak itu diantaranya terbagi 125 perpanjangan SIM dan 22 pembuatan SIM baru.
Kanit Reg-Ident Iptu Bagus Wijanarko yang ditemui diruang pelayanan SIM menjelaskan untuk pelayanan SIM mati 21 Juni 2018 kemarin dapat diperpanjang hingga tanggl 26 Juni 2018 mendatang. Sehingga, kata Bagus, masyarakat tidak perlu khawatir karena ada waktu yang cukup panjang untuk mengurus perpanjangan berlakunya SIM. “Adanya peningkatan pemohon perpanjangan SIM ini sekitar 20% dari hari biasanya,” aku Bagus Wijanarko
Untuk mengantisipasi banyaknya pemohon yang datang, petugas pelayanan SIM Polres tampak bekerja lebih cepat agar semua pemohon dapat terlayani dengan cepat. Masyarakat atau pemohon, urai Bagus, kebanyakan datang untuk mengurus perpanjangan Surat Ijin Mengemudi yang telah berakhir pada hari libur bersama sejak 11-20 Juni 2018. “Tak hanya SIM yang masa berlaku berakhir yang diurus warga, melainkan sebagian masyarakat datang untuk mengurus SIM baru,” terangnya.
Rendi, salah seorang masyarakat Kota Santri mengatakan dirinya sengaja datang lebih pagi agar luput dari antrian panjang. Apalagi, akunya, perpanjangan permohonan SIM banyak masa berlakunya sudah habis saat libur bersama hari Raya Idul Fitri 1438 H. “Jika tidk segera diurus sekarang saya sangat kawatir terlambat. Sebab jika tidak bisa ngurus dari awal, maka akan terbentur dengan antri panjang,” kata Rendi. [bas,awi]

Tags: