Bupati Situbondo Bersama Forkopimda Pantau Pilkada Jatim 2018

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto bersama isteri Ummi Kulsum saat melakukan pencoblosan di TPS 20 Desa Curah Jeru Kecamatan Panji Situbondo, Rabu (27/6). (sawawi/bhirawa)

(Semua TPS Berjalan dengan Lancar Damai Sukses dan Kondusif)  

Situbondo, Bhirawa
Bupati Situbondo Dadang Wigiarto SH melakukan peninjauan pelaksanaan pemilihan kepala Daerah (pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di beberapa titik di Kabupaten Situbondo Rabu (27/6). Sejumlah TPS itu di antaranya, TPS 17 Desa Curah Jeru Kecamatan Panji yang memiliki jumlah DPT sebanyak 586. Selanjutnya Bupati Dadang melanjutkan peninjauan ke Desa Pokaan Kecamatan Kapongan yaitu di TPS 3 sebanyak 398 DPT. Ikut Hadir dalam peninjauan TPS diantaranya Kapolres, Kepala Kejari, Ketua PN dan Komandan Kodim 0823 Situbondo.
Sebelum berkunjung ke TPS di Kecamatan Kapongan, Bupati Dadang Wigiarto bersama Ketua TP-PKK Situbondo Hj Ummi Kulsum beserta kedua puteranya menyalurkan pilihan politiknya di TPS 20 Desa Curah Jeru Kecamatan Panji Situbondo. Tak hanya itu, Bupati dua periode itu juga berkunjung di TPS 6 Desa Lamongan Kecamamatan Arjasa. “Dari hasil pemantauan sementara ada sekitar 414 DPT di TPS 6 Desa Lamongan. Selain itu kami juga memantau di TPS 6 Desa Trigonco Kecamatan Asembagus. Disana ada 430 DPT yang akan memberikan hak suaranya,” ungkap Bupati Dadang seraya mengaku bersyukur karena pelaksanaan pilkada Jatim 2018 berlangsung aman kondusif damai lancar dan sukses.
Sementara itu Kabag Humas Pemkab Situbondo Imam Hidayat menambahkan, monitoring Tim Forkopimda pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim Kabupaten Situbondo tahun 2018 disebar diberbagai lokasi dimulai dari jam 07.30. Kata Imam Hidayat, tim monitoring mendatangi pertama di Kecamatan Kota Situbondo, tepatnya di TPS 01 Kelurahan Patokan, yang berlokasi di Jalan Cempaka RT02/RW 01 tepat di Dusun Plaosa. “Selanjutnya tim menuju TPS di Rutan Situbondo di Jalan Akhmad Jakfar,” tandas Imam.
Masih kata Imam Hidayat, tim monitoring lalu menuju Kecamatan Mlandingan, khusunya di TPS 01 Desa Selomukti, persis di halaman rumah Agus Prayitno RT 01/RW 01 Dusun Krajan dan singgah di Kecamatan Banyuglugur di TPS 01 Desa Lubawang, persis di halaman Pak Ida RT 02/RW 01 Dusun Sekolahan. Terakhir tim monitoring juga mendatangi Kecamatan Banyuputih, terutama di TPS 06 Desa Banyuputih, persis di halaman MI Miftahunnajah RT 02/ RW 01 Dusun Curah Laci. “Semua tim monitoring akhirnya berkumpul di lokasi wisata bahari Pasir Putih (Hotel Sidomuncul 1) untuk melakukan ramah tamah,” pungkas Imam Hidayat.
Sementara itu Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono juga ikut melakukan pengecekan pelaksanaan pengamanan pemungutan suara di TPS di berbagai wilayah di Situbondo, Rabu (27/6). Dalam pengecekan tersebut, Kapolres di dampingi Dandim 0823 Situbondo Letkol Inf Akhmad Juni Toa dan Bupati Situbondo Dadang Wigiarto. Kehadiran Kapolres dan Dandim disejumlah TPS guna memastikan tahap pemungutan suara pilkada Jatim 2018 tidak ada kendala dan sekaligus memantau situasi kamtibmas selama tahap pemungutan suara.
Kapolres dalam kunjungannya ke beberapa TPS menegaskan, proses pilkada bukan hanya peran dari unsur pengaman saja (Polri, TNI, Pol-PP, Linmas) tetapi juga didukung peran dari seluruh elemen warga yang memiliki pengaruh dalam mewujukan pesta demokrasi yang jujur dan adil. “Pilkada ini adalah tanggung jawab kita bersama. Semua komponen wajib mengawal proses demokrasi ini agar berlangsung dengan aman dan damai ” pungkas Kapolres Awan Hariono. [awi.adv]

Tags: