Bupati Blitar Melarang ASN Tambah Cuti Lebaran

Bupati Blitar’ Rijanto

Pemkab Blitar, Bhirawa
Secara tegas Bupati Blitar melarang seluruh Pegawai Negeri Sipil atau yang saat ini disebut Aparatur Sipil Negara (ASN) jajaran Pemerintah Kabupaten Blitar untuk menambah liburan Hari Raya Idul Fitri.
Bahkan sanksi tegas akan diberikan kepada ASN yang masih nekad menambah liburan cuti lebaran tahun 2018 ini yang dianggap sudah cukup lama waktunya, dimana berdasarkan Keppres Nomor 13 Tahun 2018 tentang Cuti Bersama PNS Tahun 2018 yang telah ditandatangani Presiden Jokowi pada 4 Juni 2018 kemarin untuk cuti lebaran tahun 2018 bagi PNS dimulai sejak tanggal 11 Juni – 20 Juni 2018.
“Sehingga semua pegawai diwajibkan masuk kembali pada tanggal 21 Juni 2018, kalau nambah akan ada sanksi,” kata Bupati Blitar, Drs. Rijanto, MM.
Lanjut Bupati Rijanto, untuk waktu cuti lebaran PNS di tahun 2018 ini dinilai cukup lama, sehingga pihaknya meminta dan melarang semua ASN maupun tenaga kontrak lainnya untuk tidak menambah waktu cuti lebaran.
“Silahkan dimanfaatkan semaksimal mungkin waktu cuti lebaran yang ada,” jelasnya.
Namun jika masih tetap ada yang nekat menambah cuti lebaran dengan alasan yang tidak kuat akan diberikan sanksi yang tegas.
“Kami akan memberikan persetujuan jika ada yang terpaksa tidak bisa masuk pada tanggal 21 Juni dengan dilengkapi alasan yang kuat dan akurat,” terangnya.
Sementara secara untuk persiapan lebaran, Pemkab Blitar juga mulai intensifkan pantauan jalur mudik di wilayah Kabupaten Blitar, dimana Pemkab Blitar bekerjasama dengan Polres Blitar dan Polres Blitar Kota.
“Tujuan utama dilakukan ini adalah untuk mengurangi seminimal mungkin jika ditemukan adanya hambatan di jalan selama Lebaran,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Blitar Harpiyanto Nugroho.
Tambah Harpiyanto, termasuk adanya beberapa proyek yang berada di jalan raya, untuk sementara selama lebaran beberapa alat dan perlengkapan lainnya harus dipinggirkan terlebih dahulu.
“Sehingga dalam masa mudik lebaran 2018 pengguna jalan merasa nyaman dan lancar dalam perjalanan kerana tidak ada hambatan peralatan kerja di pinggih atau badan jalan,” imbuhnya. [htn]

Tags: