91 Persen Lonjakan Trafik Data Didominasi Aplikasi Games-Sosial Media

Penempatan mobile BTS untuk antisipasi terjadinya lonjakan trafik data.

Surabaya, Bhirawa
91% lonjakan trafik data provider 3 (Tri) selama musim liburan hingga perjalanan mudik Idul Fitri banyak dimanfaatkan pelanggan milenial Tri untuk mengakses aplikasi games online yang sedang tren saat ini, Mobile Legends disusul dengan akvitas penyampaian ucapan selamat Idul Fitri melalui aplikasi WhatsApp menggunakan fitur chat maupun video call, serta penggunaan aplikasi YouTube.
Chief Technology Officer (CTO) Tri Indonesia, Desmond Cheung saat dikonfirmasi Bhirawa, Minggu (24/6) kemarin mengungkapkan Tren yang sama terjadi di tahun sebelumnya, tahun ini layanan data masih mendominasi peningkatan trafik di jaringan Tri yaitu hampir 90% dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau hampir 11% dibandingkan hari biasa.
Sedangkan perpindahan trafik terjadi dari kota Jakarta dan kota besar ke kota-kota tujuan mudik mulai H-6 ditandai dengan arus mudik yang mulai terjadi di periode tersebut. Kota-kota yang mengalami lonjakan trafik tertinggi adalah Cianjur, Cirebon, Purwokerto, Kediri serta Sidoarjo dan sekitarnya.
“Sebagai bagian dari upaya kami untuk meningkatkan kualitas dan menghadirkan kenyamanan layanan, kami telah berhasil mentransformasikan core network system yang tersebar di 19 kota sehingga pengaturan trafik komunikasi data Tri tidak terpusat. Dengan diberlakukannya sistem ini memudahkan bagi kami untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan internet Tri, memperluas kapasitas serta menyeimbangkan kapasitas jaringan dengan lancar,” terangnya.
Desmond Cheung menambahkan saat ini pelanggan Tri dapat mengakses mobile games, Instagram, Facebook, aplikasi instant messaging dengan lebih cepat. “Kami bersyukur pelanggan kami tidak mengalami kendala yang sangat berarti dalam menggunkaan layanan kami selama mudik dan merayakan Idul Fitri. Kami ucapkan terima kasih atas kesetiaan dan kepercayaan pelanggan kepada solusi komunikasi kami, juga selamat berlibur dan kembali ke kota masing masing dengan selamat,” jelasnya.
Sementara itu dengan terjadinya lonjakan trafik data yang dimanfaatkan untuk mengakses aplikasi games online ini menunjukkan menunjukkan manfaat paket data Tri yang membuat para milenial tetap fun menikmati liburan dan atau perjalanan mudik ke kota asal.
“Pelanggan Tri juga menikmati kemudahan membeli Diamond untuk mendapatkan hero favorit mereka dengan pulsa Tri, paket internet hemat Ramadhan Berkah serta paket internet lainnya. Keceriaan para milenial ini juga didukung oleh jaringan handal Tri yang telah dioptimalkan kualitasnya di sepanjang jalur mudik di Jawa dan Sumatera, serta kota-kota tujuan mudik. Meskipun terjadi lonjakan trafik, pelanggan tetap nyaman menikmati akses internet Tri,” ujarnya.
Tri telah mempersiapkan kapasitas jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik yang terjadi, khususnya pada layanan data. Core network system yang tersebar ini memudahkan Tri melakukan pengaturan kapasitas sekaligus meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan dalam mengakses internet dengan lancar bahkan di saat trafik padat.
Selain itu, Tri juga menggelar penambahan kapasitas jaringan di 5.300 BTS yang terdiri atas 2.500 unit BTS 4G LTE dan 2.800 BTS 3G, dengan memanfaatkan kanal baru di 2100 Mhz. Total BTS Tri saat ini 55.000 unit, termasuk 15.000 diantaranya BTS 4G LTE .
“Jaringan yang sudah ada juga telah dioptimalkan, dipusatkan pada sepanjang 2.600 km jalur mudik utamanya jalur Jakarta-Surabaya, Jakarta-Merak, Jakarta-Bandung, Bandung-Yogyakarta, Jalur Pantura dan Selatan. Peningkatan kualitas juga dilakukan dengan penempatan mobile BTS di Jawa dan Sumatera, disebar untuk menjangkau jalan utama, jalan tol termasuk jalan tol baru,” pungkas Desmond Cheung.
Fokus optimalisasi layanan juga dilakukan di POI (points of interest) yang terdiri atas pelabuhan laut, udara, terminal bis, stasiun kereta, rest area, daerah wisata dan pusat keramaian lainnya. [riq]

Tags: