Survei Universitas Brawijaya, Gus Ipul Unggul

Kota Malang, Bhirawa
Laboratorium Kebijakan Publik dan Perencanaan Pembangunan (LKP3) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya (FIA-UB) Malang menggelar survei terkait Pilgub Jatim. Dari hasil survei diketahui elektabilitas Syaifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno Putri (Gus Ipul-Puti) unggul 6 persen lebih atas Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak (Khofifah-Emil).
Survei LKP3 menunjukkan Gus Ipul-Puti 47,9 persen, sementara Khoffah-Emil 41,2 persen, sedangkan sisanya masih belum menentukan pilihan. Bahkan dari sisi program Gus Ipul Puti juga lebih bisa diterima masyarakat.
Survei dengan teknik wawancara secara langsung kepada 835 responden dari 38 kota yang ada di wilayah Jawa Timur dilakukan di 38 kota di Jawa Timur kepada 835 orang dengan metode multistate random sampling, Laboratorium Kebijakan Publik&Perencanaan.
Sekretaris Laboratorium Kebijakan Publik dan LKP3 FIA UB, Andi Kurniawan menjelaskan bahwa survei yang dilaksanakan oleh LKP3 FIA UB tersebut merupakan Survei Persepsional masyarakat terhadap Program dari dua Pasangan Calon Gubernur Jawa Timur pada Pilgub Juni mendatang.
“LKP3 FIA UB melaksanakan survei sebagai bagian dari fungsi LKP3 yang merupakan lembaga pendidikan dengan lingkup aktivitas melakukan kajian, pendampingan hingga konsultasi di bidang pelayanan publik. Dan menurut kami memilih Kepala Daerah itu sama saja dengan merencanakan pembangunan,” ungkap Andi Kurniawan di Hotel UB Malang, Selasa (8/5).
Survei yang dilaksanakan terhadap program kedua Paslon Gubernur yang sama-sama mengusung Sembilan Program tersebut, menurut Andi akan diketahui program mana yang memiliki persepsi di masyarakat sebagai program yang Menarik, Mudah Dipahami, Yakin Bisa Direalisasikan, Penting dan Memang Dibutuhkan, Tepat Menjawab Persoalan serta Adil menjangkau semua kalangan.
“Adapun Sembilan program dari kedua Paslon Gubernur Jatim ini antara lain meliputi bidang Ketahanan Pangan, Infrastruktur, Kesehatan, Pariwisata, Sosial (Kemiskinan), Ketenagakerjaan, Pendidikan Menengah, Ekonomi dan juga Ekspor,” ungkanya.
Kesimpulan dari hasil survei LKP3 FIA UB tersebut diketahui bahwa Secara Persepsionnal Program Gus Ipul-Puti lebih bisa diterima dari program Khofifah-Emil, dimana program Gus Ipul lebih unggul pada bidang Ketahanan Pangan, Pariwisata dan Pendidikan. Sementara program Khofifah-Emil unggul di bidang Infrastruktur dan Ekspor, sementara di bidang sosial (kemiskinan) dan kesehatan memiliki skor yang sama untuk bisa diterima oleh masyarakat.
“Elektabilitas tokoh dan program memiliki pola yang sama, tetapi pada elektabilitas tokoh memiliki gab yang cukup jauh antara Paslon Gus Ipul-Puti dengan Khofifah-Emil, sementara gab program kedua Paslon hanya memiliki gab yang tidak terlalu jauh. Ini membuktikan bahwa pemilih Jatim lebih banyak pemilih emosional daripada pemilih rasional,” pungkasnya. [mut]

Tags: