Siswadi Aprilianto Jabat Plt Dirut PDAM Giri Tirta Gantikan Muhammad

Siswadi dan Muhammad saling jabatan usai serah terima jabatan. [kerin ikanto/bhirawa]

Gresik, Bhirawa
Tugas baru diberikan Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto kepada Siswadi Aprilianto, Asisten II Pemkab. Siswadi dipercaya sebagai Plt (Pelaksana Tugas) PDAM Giri Tirta mengantikan Ir Muhammad yang habis masa kerjanya.
Serah terima jabatan dilangsungkan di Ruang Graita Eka Praja Kantor Bupati Gresik Kamis (17/5) dan disaksikan Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto didampingi Wakil Bupati Moh Qosim, Sekda Gresik Drs Kng Djoko Sulistio Hadi, serta jajaran dewan Pengawas PDAM Giri Tirta serta sejumlah direksi.
Bupati menyampaikan, dengan pimpinan baru diharapkan agar dapat meningkatkan kinerja PDAM Kab Gresik dengan inovasi yang semakin baik. ”Sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang memiliki peran penting dan strategis, sehingga dalam pengelolaannya perlu adanya inovasi dan kreatifitas yang mumpuni,” kata Bupati Sambari.
Tak hanya itu, bupati juga menginginkan agar dalam pengelolaannya nanti, PDAM Giri Tirta mampu mendayagunakan potensi sumber daya yang ada sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan pendapatan PDAM itu sendiri.
“Masyarakat menginginkan pelayanan terbaik yang harus dilaksanakan PDAM, dan ini merupakan tantangan yang harus dijawab dengan bukti nyata kesungguhan pihak PDAM sesuai dengan SOP. Yang penting aspek sosial dan upaya peningkatan profit orientedharus seimbang,” terang bupati.
Adanya laporan konkrit tiap semester atau enam bulan sekali terkait dengan kinerja PDAM Giri Tirta juga menjadi hal yang serius bagi Bupati Sambari. Maka bupati memberikan instruksi kepada Siswadi selaku Plt Dirut PDAM Giri Tirta untuk mempersiapkan laporan itu.
Ke depan, bupati ingin adanya laporan per semester yang konkrit dan dipaparkan dalam Rapat Umum Semester (RUS). Diharapkan bupati, dengan adanya laporan itu nantinya dapat diketahui progress dan capaian yang dilakukan PDAM Giri Tirta terhadap upaya pelayanan kepada masyarakat terhadap kebutuhan air bersih.
Disamping itu, progress selama kepemimpinan Muhammad sebagai Dirut PDAM yang dinilai baik juga harus dilanjutkan oleh Plt Dirut PDAM yang baru. ”Kuncinya adalah kebersamaan dan kekompakan,” pungkas bupati. [eri]

Tags: