Siswa SLB Lebih Serius Kerjakan Soal Ujian

Anisa siswi SLB N Gedangan dan kawan-kawan mengerjakan soal ujian dengan tenangnya.

Sidoarjo, Bhirawa
Dalam mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) untuk siswa sekolah dasar yang dilaksanakan secara serentak, mulai tanggal 3 hingga 5 Mei 2018. Ternyata anak-anak yang berkebutuhan khusus lebih serius dalam mengerjakan soal, dibanding anak-anak yang lainnya.
Ketenangan dan keseriusan siswa dalam mengerjakan soal ujian terjadi, di SLB (Selolah Luar Biasa) Negeri Gedangan Sidoarjo. SLB Negeri yang dibawah naungan Dinas Pendidikan Propinsi Jatim tersebut telah mengikut sertakan sebanyak 15 siswa. Mereka terdiri dari kelas tuna rungu, tuna grahita sedang dan tuna grahita berat.
Salah satu siswa tuna rungu, Anisa (17) dengan perkataan semampunya disertai gerakan tangannya. Ia mengaku bisa mengerjakan soal-soal ujian, termasuk ujian yang pertama dengan mata pelajaran bahasa Indonesia.
“Saya bisa mengerjakan soal bahasa Indonesia, karena saya sudah sering belajar. Bukan hanya di sekolah tetapi juga di rumah,” katanya.
Ketua Panitia Ujian dari SLB Negeri Gedangan Lesmonowati mengatakan kalau sebelum mengikuti ujian nasional, para siswa sudah mendapatkan pelatihan-pelatihan ujian atau try out yang dilakukan di sekolah setempat.
“Tak hanya itu, pihak sekolah juga telah melakukan pembekalan mental, agar para siswa dapat mengerjakan soal dengan tenang dan baik hasilnya,” katanya.
Sementara Kepala TU SLB Negeri Gedangan Purwati yang mewakili kepala sekolah juga mengatakan kalau tahun lalu seluruh siswa SLB Negeri Gedangan lulus ujian nasional seratus persen. Tahun ini, pihak sekolah berharap siswanya lulus semua dan bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya.
“Total seluruh siswa di SLB Negeri Gedangan ini ada 200 siswa, mulai tingkat TK hingga SMA,” katanya. [ach]

Tags: