Satpol PP Kabupaten Gresik Tertibkan PKL Trotoar Jalan Malik Ibrahim

Petugas Satpol PP saat tertibkan Warkop di Jl Malik Ibrahim. [kerin ikanto/bhirawa]

Gresik, Bhirawa
Bulan Ramadan ini petugas Satpol PP Pemkab Gresik giat melakukan penertiban terhadap Warung Kopi (Warkop) yang dinilai melanggar estetika. Sejumlah Warkop di Jl Malik Ibrahim bahkan telah ditertibkan petugas, Selasa (22/5) kemarin.
Warkop yang cukup ramai konsumen itu ditertibkan petugas karena telah memanfaatkan trotoar sebagai tempat jualan. Saking ramainya, konsumen Warkop yang tepatnya berada di pojok Selatan Alun-alun Gresik itu sampai meluber dengan menggelar tikar di trotoar jalan.
Kabid Trantibum Satpol PP Pemkab Gresik, Mulyono mengatakan, pihaknya mengambil tindakan tegas terhadap Warkop yang mengunakan trotoar sebagai tempat berjualan itu agar tidak mengotori estetika keindahan kota dan menindaklanjuti keluhan masyarakat. ”Trotoar dibangun sebagai sarana umum bagi pejalan kaki. Lha ini malah ditempati berjualan. Makanya kami bersihkan semua agar keberadaan mereka tidak semakin menjadi-jadi,” ujarnya.
Untuk sementara ini, warung kopi di kawasan Malik Ibrahim yang tertibkan. Selanjutnya, hal yang sama juga akan dilakukan ke lokasi lainnya. Agar tidak ada lagi Warkop yang memanfaatkan trotoar sebagai tempat berjualan.
Ditambahkan Mulyono, bahwa setiap masyarakat yang memanfaatkan trotoar bukan untuk pejalan kaki, maka pihaknya akan langsung menindaknya. ”Kami tidak melarang orang berjualan selama mereka tidak melanggar dan mentaati aturan pemerintah,” katanya.
Selain itu, Mulyono juga menghimbau Warkop yang tetap jualan siang hari di Bulan Ramadan ini jangan vulgar. Artinya, silahkan buka tapi harus pakai tabir untuk penutup bagian depan Warkop agar tidak terlihat. Baik itu dengan spanduk, terpal, kre bambu. [eri]

Tags: