Saat Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah Berangkat Umroh

Bupati Saiful Ilah dan Kepala Kemenag Sidoarjo Achmad Rofi’i saat berada di Makam Nabi Muhammad SAW.

Di Roudhoh, Doakan Sidoarjo dan Jatim Aman dari Ancaman Teroris dan Berita Hoax
Kabupaten Sidoarjo, Bhirawa
Teror bom yang baru saja mengguncang Surabaya dan Sidoarjo memantik keprihatinan banyak pihak. Tak terkecuali Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah, yang secara khusus mendoakan Sidoarjo dan Jatim aman dari ancaman teroris saat melaksanakan ibadah umroh di tanah suci.
Bupati Sidoarjo Saiful Ilah yang akrab disapa Abah Saiful beserta rombongan berangkat umroh pada, Selasa (22/5). Sekitar pukul 13.00 WIB dengan menempuh perjalanan sekitar 11 jam dari bandara International Juanda menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi.
Rombongan berangkat dari Terminal 2 Bandara International Juanda bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo Achmad Rofi’i, Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah Sidoarjo Joko Santoso, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sidoarjo Ari Suryono. Selain itu, tampak mantan Sekda Kabupaten Sidoarjo Joko Sartono dan Imam Sugiri Ketua Kadin Sidoarjo (Kamar Dagang Indonesia) ikut berangkat Umroh bersama rombongan Bupati.
Saat di Madinah pada, Kamis (24/5), Abah Saiful bersama rombongan melakukan santap saur, selanjutnya pukul 04.25 waktu setempat melaksanakan salat Subuh berjamah di Masjid Nabawi. Usai salat subuh Abah Saiful ziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW dan berdoa di Raudhah Masjid Nabawi. Raudhah merupakan tempat paling mustajab untuk berdoa.
Abah Saiful secara khusus berdoa memohon kepada Allah untuk Sidoarjo agar aman dan kondusif. Dijauhkan dari ancaman teroris dan berita hoax yang membuat masyarakat resah. Bupati dua periode ini juga mendoakan warga Sidoarjo agar diberi keberkahan dalam menjalankan puasa ramadhan tahun ini.
“Kita umrah tujuan utama ya berdoa untuk Sidoarjo agar aman dan tidak ada lagi gangguan teroris, selain itu untuk introspeksi diri, evaluasi dan muhasabah. Meningkatkan hablu minallah (hubungan dengan Allah) dan hablu minannaas (hubungan dengan manusia). Kami berdoa di tempat paling mustajab di Makam Kanjeng Nabi Muhammad SAW di Raudhah Masjid Nabawi agar Sidoarjo dan Jawa Timur diberi keamanan, kenyamanan dan toleransi seluruh antar warga dan keberkahan dalam menjalankan ibadah puasa ramadhan tahun ini,” tutur Abah Saiful, yang diteruskan Ari Suryono melalui HP nya kepada Bhirawa.
Abah Saiful juga mengatakan, selama di tanah suci juga ingin fokus beribadah pada Allah SWT. Besok rombongan menuju ke tanah suci Makkah untuk ibadah Umrah. Dijadwalkan Bupati bersama dengan rombongan akan kembali ke tanah air tanggal 30 Mei 2018.
Apa doa khusus untuk Sidoarjo, Abah Saiful ?. “Pasti, kita doakan yang terbaik. Kita doakan semua untuk Sidoarjo maupun untuk Jawa Timur aman dari ancaman teroris, sekarang ini kita prihatin atas kejadian yang baru saja terjadi aksi terorisme di Sidoarjo dan Surabaya, ditambah dengan banyaknya berita hoax dan ujaran-ujaran di sosial media yang saling menghujat, menghina, merendahkan, memfitnah satu sama lain. Maka marilah kita kembali ke jati diri bangsa kita bahwa kita ini harusnya bersatu bersinergi harga menghargai dan saling tolesansi,” ungkapnya.
Lanjutanya, terutama untuk warga Sidoarjo janganlah gara-gara Pilkada kemudian menjadi terpecah belah, dia berharap pelaksanaan Pilkada serentak di Jatim nanti berjalan aman dan lancar khususnya daerah Sidoarjo. “Mohon doanya pada warga Sidoarjo agar kami dilancarkan selama menjalankan ibadah Umroh dan menjalankan ibadah puasa di tanah suci Makkah,” tutup Abah Saiful. [Achmad Suprayogi]

Tags: