Rayakan Waisak, Umat Budha Kab.Tuban Doakan Kedamaian Bangsa

Umat Budha saat sembahyang di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban berlangsung dengan khusuk dan hikmat berdoa untuk kedamaian bangsa.

Tuban, Bhirawa
Perayaan Hari Raya Waisak 2562 di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio Tuban berlangsung dengan khusuk dan penuh hikmat. Sedikitnya, ada 60 umat Budha berdoa di tempat ibadah itu dan mendoakan untuk keutuhan dan kedamaian bangsa ini.
“Pada hari suci ini, umat berdoa untuk keutuhan bangsa. Serta berharap persatuan dan kesatuan bangsa terus terjaga dengan baik untuk kemajuan bangsa Indonesia,” kata Gunawan Putra Wirawan, ketua umum TITD Kwan Sing Bio Tuban, usai melakukan ritual dan doa bersama, Selasa (29/5).
Ritual tahunan di Klenteng Tuban itu sendiri terbagi menjadi tiga tahap dengan penjagaan dari petugas keamanan. Pertama merupakan sembahyang menghadap ke halaman Klenteng yang ditujukan kepada Tian atau Tuhan yang maha kuasa. Hal itu untuk mendapat berkah dan keselamatan.
Kemudian tahap kedua, dilaksanakan sembahyang menghadap ke Altar Konco Kwan Sing Tee Koen yang merupakan dewa kepercayaan umat Klenteng Tuban. Ketiga merupakan sembahyang di altar Tri Nabi, yakni dewa umat Budha, umat Tao dan umat Kong hu cu.
“Semua acara itu berjalan lancar dan ada sekitar 60 umat yang merayakan hari waisak di tempat ini,” beber Gunawan.
Gunawan menambahkan, perayaan waisak memiliki makna yang sangat dalam. Karena berkaitan dengan tiga peristiwa penting, yakni kelahiran budha, saat budha mencapai kesempurnaan, dan budha mencapai Nirwana atau wafat.
“Umat juga berdoa untuk keselamatan dirinya dan tidak lupa berdoa buat seluruh umat. Khususnya ikut mendoakan Bangsa Indonesia supaya dapat selalu hidup aman, tentram dan damai,” tambah Gunawan.
Sementara itu, salah seorang umat Budha Lena, yang sempat ditemui, mengatakan pihaknya meminta kesehatan dan keberkahan dalam perayaan waisak di tahun ini.
“Kalau doanya pastinya ingin minta diberikan kesehatan dan berkah untuk seluruh keluarga,” ungkapnya.
Menurutnya, hal yang terpenting adalah diberikannya kesehatan dan keselamatan. “Yang penting sehat dan selamat sekeluarga. Itu aja bagi saya sudah cukup,” tuturnya. (Hud)

Tags: