Polres Situbondo Ajak Warga Dukung Pelayanan Bebas Pungli

Personil Propam Polres Situbondo saat mengawasi pelayanan pembuatan SIM dan SKCK, Kamis (17/5). [sawawi/bhirawa].

Situbondo, Bhirawa
Unit Propam Polres Situbondo mengajak seluruh elemen masyarakat Kota Santri untuk mendukung sistem pelayanan bebas pungli yang sudah cukup lama diterapkan lembaga korps baju coklat tersebut.
Terbukti, tim pengawas Polres melalui Unit Propam (Provost dan Pengamanan) mulai melaksanakan kegiatan monitoring pada kegiatan pelayanan Polri seperti pembuatan atau perpanjangan SIM dan SKCK (surat keterangan catatan kelakuan baik) serta pelayanan di Kantor Samsat.
Kanit Propam Polres Situbondo IPDA Budiarto mengatakan, kegiatan monitor dan pengawasan dimaksudkan untuk mewujudkan pelayanan publik di Polres Situbondo yang cepat, transparan dan bebas pungutan liar (pungli).
Selain itu, kata Budiarto, personil Propam juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memberikan sesuatu kepada personil Polri yang bertugas di pelayanan.
“Saya minta jangan menggunakan jasa calo saat mengurus SIM, SKCK dan pelayanan di Kantor Samsat,” pinta Budiarto.
Masih kata Budiarto, apabila ada praktik percaloan atau pungutan liar akan diberikan tindakan sesuai dengan hukum yang berlaku. Tindakan tegas ini akan diberikan, ungkap mantan Kepala Administrasi dan TU (mintu) Satreskrim Polres Situbondo itu, sesuai dengan arahan dan penekanan pimpinan Polri.
“Nanti kalau terbukti melakukan pungli akan diberi tindakan yang tegas,” papar Budiarto.
Mantan personil identifikasi Mapolres Situbondo itu menuturkan, adanya peran serta dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat Kota Santri sangat diperlukan demi kelancaran dan maksimalnya fungsi pengawasan Seksi Propam pada petugas pelayanan di Polres Situbondo.
“Saya berharap kepada masyarakat umum untuk tidak mencoba memberikan atau menawarkan sesuatu kepada petugas Polri,” pungkas Budiarto. [awi]

Tags: