Permudah Akses Pendidikan, Launching Bus Sekolah Gratis

Bupati Bondowoso Drs H Amin Said Husni launching bus sekolah gratis didampingi jajaran Forkopimda dan Kepala Dinas Pendidikan Bondowoso Dra Hj Endang Hardiyanti MM. [Samsul Tahar]

Bondowoso, Bhirawa
Pemerintah kabupaten (Pemkab) Bondowoso menyediakan fasilitas Bus sekolah gratis untuk pelajar yang rumahnya jauh dan belum mendapatkan surat izin pengemudi (SIM).
Sesuai dengan Tema Hardiknas 2018, yaitu menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan. Implementasi dari menguatkan pendidikan, lauching bus sekolah gratis.
Launching tersebut, ditandai dengan pemotongan pita, oleh bupati Bondowoso Drs H Amin Said Husni.
Dalam pemotongan itu, Didampingi oleh ketua DPRD, H Tohari, Dandim 0822 Letkol Inf Tarmuji, plt Sekretaris Daerah, Drs H Karna Suswandi MM dan Kadispendik Dra Hj Endang Hardiyanti MM bertempat di halaman Gedung Education Development Center (EDC) Bondowoso kemarin.
Seusai memotong pita, Amin langsung mencoba bus sekolah gratis tersebut. Tak tanggung-tanggung, Amin mengemudikan sendiri, dengan penumpang orang-orang penting di atas, dan beberapa siswa.
Dalam sambutannya, Amin berharap dengan adanya Bus Sekolah Gratis tersebut, bisa mempermudah akses pendidikan dijalur transportasi.
“Gagasan bus sekolah gratis ini muncul, karena melihat tempat anak-anak yang sekolah cukup jauh dengan sekolahnya, sementara ia belum diperbolehkan memiliki SIM,” ungkap Amin.
Amin menyampaikan, anak sekolah sangat membutuhkan kendaraan umum, namun saat ini kendaraan umum sangat memprihatinkan karena banyak yang tidak layak. “Sehingga disanalah pemerintah mencoba melakukan pengadaan angkutan bus sekolah gratis,” sambungnya
Amin menambahkan, ada dua rute jalur yang akan dilewati untuk antar jemput anak sekolah, yakni dari kota melewati jalur Kecamatan Prajekan dan dari kota melewati jalur Kecamatan Maesan, proses antar jemputnya akan bergantian, sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
“Bus sekolah gratis diharapkan menjadi solusi walau pun yang masih dimiliki hanya satu dan terbatas, semoga kedepan bisa bertambah,” katanya.
Sementara menurut Kadispendik Bondowoso Dra Hj Endang Hardiyanti MM bahwa rute yang akan dilalui oleh bus sekolah gratis, yaitu dari Prajekan menuju kota, dan dari Mesan menuju kota, pulang pergi.
“Gantian setiap minggunya, dan semoga kedepannya bisa nambah lagi,” harapnya.
Masih menurut Endang, bus yang berkapasitas empat puluh penumpang itu, pengadaannya melalui APBD 2017, dengan nilai kontrak Rp 788.933.000. [har]

Tags: