Perluas Bisnis antar Daerah, Geber Expo Bersama

Pejabat dari Pemkot Kediri dan Pejabat dari Pemkab Kotawaringin Berfoto bersama.

(Kerja Sama Kota Kediri dan Kabupaten Waringin)
Kota Kediri, Bhirawa
Event Expo bersama antara Kota Kediri dengan Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah yang digelar di Sampit, menjadi pembuka perluasan bisnis Pemerintah Daerah dan pelaku usaha kedua daerah.
Pertemuan bisnis ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian kedua daerah karena akan dilakukan kerjasama di bidang perekonomian.
Acara ini digagas Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Kediri dan Kadin Kabupaten Kotawaringin Timur. Kegiatan yang digelar di Citimall Sampit itu diberi nama ‘B2B ExpoTwo Regions’ yang melibatkan pemerintah daerah dan pelaku bisnisKota Kediri dan Kabupaten Kotawaringin Timur.
Pejabat Sementara Wali Kota Kediri Jumadi hadir bersama rombongan nya yang terdiri Kepala DPMPTSP Kota Kediri beserta pejabat di bidang promosi dan investasi, Staf ahli, Dinas UMKM, pengusaha dan pelaku usaha kecil, Menurutnya Kota Kediri akan terus mengembangkan diri, termasuk dalam dalam hal bisnis.
Tidak menutup kemungkinan banyak bahan baku yang bisa dipasok dari Kotawaringin Timur.
“Kerjasama ini juga kurangi impor karena ternyata banyak bahan yang cukup dibeli di Indonesia. Kini kita perlu tingkatkan komunikasi dan koordinas. Pengusaha kibisa berkomunikasi dan bertransaksi,” kata Jumadi.
Wakil Bupati Kotawaringin Timur HM Taufiq Mukri mengatakan, potensi daerah ini masih sangat besar. Expo bersama ini menjadi sarana untuk saling menggali peluang yang saling menguntungkan.
“Pemilihan Kota Kediri sebagai mitra bisnis pasti sudahdikaji oleh Kadin. Jika berkenan, kegiatan ini bisa dilaksanakan rutin dan terprogram agar masyarakat mengetahui,”ucap Taufiq
Sementara itu expo bersama yang menampilkan berbagai produk UMKM Kota Kediri dan Kotawaringin Timur, disambut antusius masyarakat. Pengunjung Citimall Sampit memadati lokasi acara dan membeliberbagai produk yang dijual di lokasi expo.
Dalam gelar acara tersebut DPMPTSP Kota Kediri bidang promosi dan investasi telah memfasilitasi tidak tangung -tangung mengasilkan senilai 2,8 M kerjasama berupa alat Pemadam Kebakaran (Fire extinguisher ) dan mobil pemadam kebakaran FIN SyscoMobile Fire yang dipesan oleh beberapa perusahaan di Sampit.
Begitu pula dengan bursa tenaga kerja yang dibuka ada 3 perusahaan besar yang meminta sedikitnya 110 tenaga kerja profesional asal Kota Kediri, yang akan disediakan oleh Universitas Nusantara PGRI Kediri, Politekhnik Kediri serta lembaga pendidikan Neptune.
Politekhnik Kediri selain menyediakan tenaga kerja juga mendapatkan kerjasama untuk membuat Kampung IT yang disupport oleh Kadin dan Pemerintah Sampit. Namun untuk bidang peternakan Kota Kediri tidak bisa memenuhi kuota yang diminta dikarenakan semua habis untuk memenuhi daerah sekitar Kota Kediri.
Selain itu ada satu Perusahaan dari Sampit yang ingin berinvestasi di Kota Kediri dalam bidang Perhotelan dan telah diterbitkan IPPM ( Ijin Prinsip Penanaman Modal ) dengan total modal yang diinvestasikan sejumlah 20 M. Dengan melihat hasil dari yang telah dilaksanakan , tidak memungkinkan bisa membuka perluasan bisnis pada sektor lainnya yang dimiliki oleh daerah masing -masing.
Diketahui Kegiatan yang dilaksanakan selain Investasi & Expo, diantaranya Talk show, Business Matching, Business Networking, Seminar Entrepreneurship, Job Fair, Pagelarn Seni dan Fashion Show busana batik Sampit dan Kota Kediri. [adv.van]

Tags: