Pendaftar Bacaleg PKB Jember Lampaui Target

Jember, Bhirawa
Hingga penutupan pendaftaran bakal calon legeslatif (bacaleg) yang dibuka oleh DPC PKB Jember (30/4/2018), jumlah pendaftar melebihi target yang ditentukan.
Sebanyak 65 orang yang telah mendaftarkan di partai yang didirikan oleh Gus Dur tersebut.
Salah satu yang ikut mengambil formulir pendaftaran bacaleg adalaha Muhammad Jupri. Muhamad Jupri sendiri dulu pernah menjadi anggota DPRD Jember periode 2009-2014 melalui PKNU. Jupri sempat vakum di dunia politik sejak PKNU dilebur ke dalam Partai Gerindra.
Pendaftaran Jupri melalui PKB Jember ini disambut langsung Ketua Badan Pemenangan Pemilu (BPP) PKB Jember Ayub Junaidi. Bagi PKB Jember sosok Jupriadi bukanlah sosok yang asing. Pasalnya sebelum bergabung di PKNU Jupri deklarator PKB di Kecamatan Kalisat.
“Saya dulu adalah deklarator PKB di Kecamatan Kalisat dan pada tahun 2004-2009 saya juga pernah menjadi anggota DPRD Jember dari PKB, sebelum ada dualisme PKB saat itu,”kata Jupri.
“Hari ini saya Bissmillah daftar pulang ke rumah lama PKB. Insyallah di dapil saya PKB dapat 2 kursi karena saat periode 2004 dari dapil saya PKB dapat 3 kursi,”lanjut.
Sementara, menurut Ayub Junaidi hingga hari terakhir masa pendaftaran bacaleg PKB kuota bacaleg perempuan telah melebihi target.
“Sampai jam 12 siang tadi ada lebih 65 orang bacaleg yang mendaftar melalui PKB. Ada 20 orang bacaleg perempuan sehingga kuota perempuan sesuai undang-undang terlampaui,” kata Ayub.
“Target bacaleg PKB sendiri sebenarnya hanya 55 orang namun ini melebihi target. Ini artinya PKB masih dicintai dan dipercaya masyarakat untuk merubah kondisi masyarakat,”lanjut Ayub.
Setelah tahapan pendaftaran para bacaleg sendiri akan menjalani fit n proper test dan sosialisasi di dapil masing-masing.
” Kita memberi waktu bacaleg untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat selama 1 hingga 1,5 bulan, setelah itu kita akan menurunkan tim survei untuk bacaleg. Mereka yang lolos akan kita masukan ke dalam daftar caleg sementara dan kita daftarkan ke KPU Jember,”kata Ayub Junaidi.
Target DPC PKB Jember sendiri untuk pemilu legislatif 2019 sebanyak 12 kursi dari 50 kursi yang diperebutkan. “Untuk target kita menargetkan sebanyak 12 kursi. Kita optimis target ini bisa tercapai sehingga PKB Jember dapat kembali berjaya seperti tahun 1999 dan 2004 yang mampu mencapai 17 kursi,”tandas Ayub.(efi)

Tags: