Pemkab Sidoarjo Fasilitasi Pelaku Usaha Warung Berdaya

Wakil Bupati serahkan simbolis bantuan pada Asih Kanti warga Desa Tambak Kemerakan RT 6/RW 2 Kec Krian. [achmad suprayogi/bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Ikut serta mensukseskan perkembangan ekonomi mikro di wilayah Kab Sidoarjo khususnya. Wakil Bupati Sidoarjo telah menyerahkan bantuan gerobak kepada pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), agar mereka bisa menjalankan usahanya dengan baik, melalui Program Warung Berdaya.
Wakil Bupati, Nur Ahmad Syaifuddin memastikan Pemkab Sidoarjo telah memfasilitasi para penerima bantuan gerobak dalam menjalankan usahanya, melalui Dinas Koperasi dan UMKM kerjasama dengan Asosiasi UMKM dan Dompet Dhu’afa, akan melakukan pendampingan agar Program Warung Berdaya yang baru saja dilaunching bisa berjalan sesuai harapan.
“Pemkab siap memberikan pendampingan dan pinjaman tanpa agunan kepada pelaku UMKM, termasuk penerima Program Warung Berdaya untuk memudahkan mereka dalam mengembangkan usahanya,” tegas Wakil Bupati Nur Ahmad Syaifuddin usai melaunching Program Warung Berdaya (16/5) di Pendopo Kab Sidoarjo.
Dalam launching itu, Asosiasi UMKM Jatim dan Dompet Dhu’afa telah membagikan 10 gerobak kepada masyarakat. Selain membagikan gerobak, panitia juga memberikan 50 bingkisan Sembako kepada keluarga pra sejahterah.
Ketua Dept UMKM Jatim dari Asosiasi UMKM Jatim, M Sahuri mengatakan, apa yang dilakukan ini sudah sejalan dengan Program Pemkab Sidoarjo dengan program kota UMKM. Program ini membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan. Kami akan melakukan pendampingan kepada penerima bantuan gerobak selama satu tahun, kemudian tahun berikutnya akan dilakukan evaluasi.
“Kami berharap keberadaan Program Warung Berdaya ini mampu memberikan manfaat positif bagi pelaku usaha. Disamping itu bantuan gerobak ini juga sebagai sarana usaha untuk memberi kemudahan bagi anggota dan masyarakat sekitar,” harap Muhamad Hasanudin Pimpinan Dompet Dhu’afa Wilayah Jatim. [ach]

Tags: