Pemerintah Kota Batu Tak Beri Celah Penimpun Sembako

Selain Pasar Murah yang digelar Pemkot, di Desa Oro Oro Ombo juga telah menggelar Pasar Murah jelang bulan Ramadan.

Kota Batu,Bhirawa
Ingin warganya bisa menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu mengagendakan pengadaan Operasi Pasar dan Pasar Murah di bulan tersebut. Dan dalam Pasar Murah kali ini bakal melibatkan pelaku Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) dengan jumlah lebih banyak lagi. Kebijakan ini sekaligus untuk menggenjot produk UMKM untuk lebih dikenal dan laku di pasaran.
“Dalam Pasar Murah tahun kemarin sudah ada produk UMKM hanya saja jumlahnya masih sedikit. Nah tahun ini kami maksimalkan dengan mengajak pelaku UMKM lebih banyak lagi,”ujar Plt Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan, Endang Triningsih saat dikonfirmasi, Minggu (6/5).
Nantinya Pasar Murah ini bakal diadakan selama lima hari, dan bakal diadakan 10 hari sebelum lebaran. Dan selain Pasar Murah, Pemkot juga menyiapkan Operasi Pasar untuk mengantisipasi lonjakan harga pada sembilan bahan pokok (sembako).
Dikatakan Endang bahwa jadwal Operasi Pasar ini masih dikoordinasikan dengan beberapa pihak. Rencananya bakal dilakukan sebelum ramadan, selama ramadan dan setelah ramadan. “Masih belum tahu kapan jadwalnya. Yang jelas pasti bertahap nanti Operasi Pasarnya,” kata Endang.
Ditambahkan oleh Wakil Walikota Batu, Punjul Santoso bahwa pihaknya yakin bahwa harga sembako di Kota Wisata ini akan stabil. Meski demikian, pihaknya tetap menginstruksikan Satgas Pangan untuk terus melakukan pengawasan. Satgas ini terdiri dari Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan, dll.
“Seperti pada tahun lalu untuk Kota Batu tidak terjadi kenaikan harga yang signifikan, dan stok aman untuk memenuhi kebutuhan warga Kota Batu. Diperkirakan harga sembako masih stabil,”ujar Punjul.
Dipastikan Satgas Pangan tetap akan menggelar Operasi Pasar selama bulan Ramadan. Operasi Pasar ini bertujuan untuk memantau harga pasar, agar tidak terjadi kenaikan yang tinggi.
“Selain untuk memantau harga, operasi ini juga mengantisipasi agar tidak ada lagi oknum yang menimbun sembako,” pungkas Punjul.(nas)

Tags: