Mudik Tahun Ini, Pemudik Bisa Lewat Tol Merak hingga Pasuruan

Presiden RI, Joko Widodo melihat langsung perkembangan tol seksi III A, berada di Kota Pasuruan, tepatnya di kawasan Sutojayan, Sabtu (12/5).

Pasuruan, Bhirawa
Dalam kunjungan ke Pasuruan, Presiden RI, Joko Widodo menyempatkan diri meninjau sekaligus mengecek langsung pembangunan tol di ruas Tol Gempol-Pasuruan.
Menurutnya, progres pembangunan infrastruktur jalan tol di Pasuruan sangatlah positif dan dipastikan dapat mulai beroperasi tahun ini. Ia menyakini, tol Merak-Pasuruan bisa beroperasi dan digunakan untuk kebutuhan mudik lebaran secara fungsional.
“Terpenting saat ini kebutuhan warga menjelang lebaran. Mereka jauh-jauh dari luar Jawa untuk pulang kampung ke Jawa atau sebaliknya, pasti ingin mendapatkan kemudahan akomodasi maupun transportasi. Dengan selesainya Merak-Pasuruan, maka secara otomatis membantu masyarakat. Jadi dari Merak sampai Pasuruan bisa dipakai untuk mudik di tahun ini,” ujar Jokowi melihat langsung perkembangan tol seksi III A, yang berada di Kota Pasuruan, tepatnya di kawasan Sutojayan, Sabtu (12/5).
Tak hanya itu, Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Jatim Soekarwo, dan Plt Bupati Pasuruan Riang Kulup Prayudha juga menyatakan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) juga dapat beroperasi pada akhir tahun 2018 ini.
Karenanya, Pemerintah akan mulai melakukan pembebasan lahan mulai Probolinggo hingga Banyuwangi, diiringi dengan pembangunan konstruksi pada bulan Juni nanti.
“Harapan saya, pada tahun 2019 akhir, jalan tol dari Merak-Banyuwangi bisa digunakan oleh masyarakat,” papar Jokowi. [hil]

Tags: