Lebaran 2018, Pemprov Siapkan 208 Ribu Mudik dan Balik Gratis

Masyarakat Jatim saat mendaftar mudik dan balik gratis di Kantor Dishub Provinsi Jatim. Lebaran 2018 ini, Pemprov Jatim menyediakan total 208.203 mudik dan balik gratis bagi masyarakat Jatim.

Dibuka 12 Mei, Kuota Bus Tinggal 20 Persen
Pemprov Jatim, Bhirawa
Pemprov Jatim kembali menggelar mudik dan balik gratis pada Lebaran 2018. Sebanyak 208.203 kuota mudik dan balik gratis disediakan pemprov. Jumlah ini mengalami kenaikan 2,7 persen dibanding Lebaran 2017 yang mencapai 199.343 kuota.
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jatim Dr Ir Wahid Wahyudi MT menuturkan, mudik grasis ini diberikan kepada siapapun yang ingin pulang kampung saat merayakan Lebaran nanti. Kota tunjuannya pun ke hampir semua wilayah di Jatim. Warga yang menggunakan fasilitas mudik gratis ini juga tanpa dipungut biaya sepeserpun.
“Pak Gubernur (Gubernur Jatim, Dr H Soekarwo, red) tetap akan melanjutkan tradisi memberikan layanan mudik gratis tahun ini. Silakan dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujar Wahid, Senin (21/5).
Pada pendaftaran mudik dan balik gratis tahun ini, kata Wahid, Dishub memberikan kemudahan mendaftar. Warga tak perlu harus datang dan mengantre hanya untuk mendaftar ke Kantor Dishub Jatim Jl A Yani 268.
“Pendaftaran bisa kantor Dishub langsung atau bisa juga dilayani melalui online. Pendaftar bisa mengajukan seat mudik gratis melalui handphone. Kami ingin masyarakat terlayani dengan mudah dan nyaman. Ini eranya sudah era online, era Gadget sehingga pendaftaran mudik gratis juga bisa online,” terangnya.
Dari 208.203 kuota mudik dan balik gratis, yang paling banyak adalah kuota untuk angkutan kereta api yang mencapai 134.971 penumpang untuk tujuh jurusan. Sementara angkutan laut sebanyak 17.000 penumpang dan angkutan jalan 64.900 penumpang dengan 560 bus.
“Seperti Lebaran tahun lalu, pada Lebaran tahun ini pemprov juga menyediakan angkutan sepeda motor. Total akan ada 400 sepeda motor yang diangkut menggunakan 10 truck dengan tujuh tujuan,” ujar Wahid, didampingi Kabid Angkutan dan Keselamatan Jalan Dishub Jatim Isa Ansori.
Untuk mudik dan balik gratis menggunakan bus, paling banyak adalah jurusan Surabaya-Madiun-Ponorogo dengan jumlah bus yang disediakan mencapai 48 bus. Lalu Surabaya-Jember-Banyuwangi 38 bus, Surabaya-Madiun-Pacitan 37 bus, Surabaya-Madiun-Magetan 36 bus, Surabaya-Madiun 35 bus dan Surabaya-Lumajang-Jember 23 bus.
“560 bus yang disediakan pemprov itu, nantinya tersebar dibeberapa titik untuk pemberangkatannya. Seperti di Puspa Agro, Kadin Jatim, Maspion, ITS, PWNU, Gresik dan di Malang. Jika bersama pihak sponsor, nantinya akan ada 733 bus yang siap memberikan layanan mudik dan balik gratis. Jumlah itu belum termasuk dari Pelindo III yang tahun lalu menyediakan 70 bus,” katanya.
Untuk pendaftaran mudik gratis menggunakan bus, telah dibuka pada 12-16 Mei sebagai gelombang pertama dan 18 Mei sebagai gelombang kedua. “Untuk kuota mudik dan balik gratis saat ini telah mencapai kurang lebih 80 persen,” tandasnya. [iib]

Tags: