Kurang Murid, Pemkab Regrouping Tujuh SD

Budi Kusumarjaka

Kabupaten Blitar, Bhirawa
Tahun ini sebanyak tujuh sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Blitar dilakukan regrouping oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Budi Kusumarjaka mengatakan di tahun 2018 ini pihaknya telah berhasil melakukan penggabungan sekolah atau regrouping sekolah tingkat SD yang ada di Kabupaten Blitar.
“Ada 7 sekolah yang berhasil di Regrouping, diantaranya sekolah tingkat SD yang ada di Kecamatan Kesamben, Nglegok, Kademangan dan yang lainnya,” kata Budi Kusumarjaka. Lanjut Budi, pelaksanaan regrouping ini terpaksa dilakukan karena beberapa sekolah tersebut mengalami kekurangan murid sehingga menyebabkan proses belajar mengajar tidak efektif.
“Berkurangnya banyak murid sehingga diperlukan penggabungan sekolah agar lebih efektif,” ujarnya.
Selain itu ia juga mengaku sebelumnya merasa kesulitan untuk melakukan Regrouping sekolah tingkat SD karena muncul penolakan dari guru wali murid dan juga siswa, namun setelah mereka diberikan pengarahan akhirnya mereka menerima dengan baik kebijakan ini.
“Dengan adanya Regrouping sekolah ini akan lebih mudah melakukan pemantauan, lebih efisiensi dan lebih mudah meningkatkan kualitas sekolah tersebut,” jelasnya.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Sugianto juga berharap dengan dilakukan penggabungan SD ini akan memberikan dampak positif baik siswa maupun pengajar karena dengan digabungnya beberapa sekolah akan memudahkan dalam memberikan materi pelajaran.
“Semoga dengan digabungnya sekolah tersebut akan memberikan dampak lebih baik bagi siswa maupun pengajarnya, dan juga untuk kepentingan bersama,” pungkasnya. [htn]

Tags: