Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Sumenep Terus Meningkat

Sumenep, Bhirawa
Kunjungan wisatawan ke Sumenep kian meningkat. Buktinya, pada tiga bulan pertama tahun 2018 ini mencapai 500 wisatawan mancanegara (wisman) lebih, padahal ditiga bulan pertama tahun 2017 hanya sebanyak 26 wisman. Sedangkan wisatawan domistik pada tahun ini sebanyak 240 ribu dan pada tahun 2017 sebanyak 130 ribu wisatawan.
Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Sufiyanto mengatakan, peningkatan jumlah kunjungan wisata tahun ini merupakan dampaknpositif dari program Visit Sumenep Year 2018 menunjukkan kesuksesan. Sebab, selain bertambahnya sejumlah destinasi wiaata yang layak menjadi jujukan wisatawan, juga banyak event yang digelar pemeribtah daerah guna menarik pengunjung.
“Peningkatan jumlah pengunjung yang datang ke Sumenep sudah tampak. Dalam tiga bulan, sejak Januari hingga Maret 2018 ini saja jumlahnya relatif tinggi. Berarti program pemerintah yakni Visit Sumenep ada dampak positifnya,” kata Sufiyanto, Rabu (16/5).
Ia menyampaikqn, tingginya kunjungan wisatawan, baik domistik maupun mancanegara itu perpaduan antara adanya event yang digelar pemerintah daerah dan wisatawa yang sengaja berkunjung kesejumlah destinasi wisata yang dimiliki daerah. “Selain saat ada event, para wisatawan yang datang ke Sumenep, mereka masih menjadikan Pantai Lombang dan Pantai Sembilan sebagai tujuannya. Tapi ada juga yang berkunjung ke destinasi wisata lain seperti Pantai Gili Labag, Giliyang dan Taman Tectona,” paparnya.
Lebih lanjut ia menerangkan, pemerintah daerah nenargetkan kunjungan wisata tahun 2018 ini sebanyak 1 juta 250 orang untuk wisatawan domestik dan 10 ribu wisman. “Kalau melihat geliat kunjungan wisatawan ditiga bulan pertama tahun ini, total jumlah pengunjung hingga ahir tahun bisa melebihi target,” tegasnya. [sul]

Tags: