KPU Tulungagung Musnahkan 2.600 Surat Suara Pilbup Jatim

Ketua KPU Tulungagung, Suprihno MPd, memperlihatkan desain surat suara Pilbup Tulungagung 2018 belum lama ini.

Tulungagung, Bhirawa
KPU Tulungagung memusnahkan 2.600-an lembar surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung 2018 yang merupakan kelebihan dari jumlah yang semestinya dicetak.
Pemusnahan dilakukan di percetakan pemenang lelang surat suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung di Solo Jawa Tengah, Kamis (17/5).
“Ada 2.600-an lembar surat suara yang dimusnahkan karena kelebihan cetak. Pemusnahannya dilakukan dengan cara dicacah,” ujar anggota KPU Tulungagung, Victor Febrihandoko SSos, pada Bhirawa melalui sambungan telepon seluler, Kamis (17/5).
Menurut dia, pemusnahan surat suara berlebih untuk Pilbup Tulungagung 2018 disaksikan pula oleh perwakilan dari Panwaslu Tulungagung, Polres Tulungagung dan Kejaksaan Negeri Tulungagung.
“Kami hari ini (kemarin) bersama Panwaslu, Polres dan Kejaksaan datang langsung ke percetakan,” ucapnya.
Victor yang merupakan Koordinator Divisi Umum, Keuangan dan Logistik KPU Tulungagung ini selanjutnya membeberkan semua surat suara Pilbup Tulungagung 2018 yang dipesan KPU Tulungagung sudah selesai dicetak. Dan pada hari Kamis (17/5) langsung dikirim ke Kantor KPU Tulungagung.
“Tadi selesai semua pukul 10.00 WIB dan langsung dikirim ke Tulungagung menggunakan armada mobil box. Estimasinya antara empat sampai lima jam sudah sampai ke Tulungagung atau pukul 15.00 WIB sampai di kantor KPU Tulungagung,” paparnya.
Sesuai permintaan KPU Tulungagung Jumlah surat suara yang dicetak untuk Pilbup Tulungagung 2018 sebanyak 866.845 lembar. Jumlah tersebut sudah termasuk cadangan 2,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) serta surat suara cadangan untuk pemungutan suara ulang (PSU).
Victor mengakui penyelesaian pencetakan surat suara Pilbup Tulungagung 2018 lebih ceoat dari yang direncanakan. Sebelumnya pihak percetakan menjanjikan pencetakan surat suara seluruhnya selesai pada akhir pekan ini.
“Tetapi ternyata hari Kamis ini sudah selesai. Kemarin diperkirakan selesai paling tidak pada Sabtu (19/5) besok,” paparnya lagi.
Sesuai rencana, surat suara Pilbup Tulungagung 2018 ketika sudah sampai di kantor KPU Tulungagung akan sesegera mungkin pula dilakukan sortir dan pelipatan. Victor menyatakan dimungkinkan sortir dan pelipatan surat suara tersebut dilakukan oleh tenaga profesional.
“Seperti pada pemilu sebelumnya, KPU Tulungagung menggunakan tenaga profesional dari Sidoarjo atau Surabaya untuk sortir dan melipat surat suara,” terangnya.
Menjawab pertanyaan, mantan Ketua PPK Tulungagung ini mengatakan jika nanti dalam sortir dan pelipatan surat suara ditemukan surat suara yang cacat atau rusak, KPU Tulungagung akan melakukan pencetakan lagi sesuai jumlah surat suara yang cacat atau rusak.
“Untuk mencetak surat suara yang cacat atau rusak akan dilakukan di percetakan yang sama dengan sebelumnya. Aturannya begitu,” jelas Victor. (wed)

Tags: