KPU Kab.Malang Tingkatkan Angka Partisipasi Pilgub Jatim 2018

Ketua KPU Kab Malang Santoko

Kab Malang, Bhirawa
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang dalam rangka Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) yang akan berlangsung pada 27 Juni 2018 mendatang, maka KPU terus meningkatkan angka partisipasi dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) 2018.
Serta memberikan edukasi pemilihan dan kepemiluan, sehingga guna untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih, KPU tidak hanya menggelar sosialisasi pada masyarakat ditingkat desa saja, tapi KPU juga bekerjasama dengan Mitra Produksi Sigaret (MPS) KUD Sumber Makmur Ngantang, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.
Kerjasama yang kita lakukan itu, kata Ketua KPU Kabupaten Malang Santoko, Kamis (10/5), kepada wartawan, guna untuk memberikan sosialisasi bagi karyawan yang hampir seluruhnya adalah Segmen Pemilih Perempuan. Sedangkan sosialisasi yang kita gelar guna untuk meningkatkan angka partisipasi pemilih untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2018. “Karena pentingnya kesadaran pemilih khususnya pemilih perempuan dalam menyampaikan aspirasi dalam bentuk memilih di Tempat Pemungutan suara (TPS),” tegasnya.
Dia menghimbau, agar para karyawan MPS KUD Sumber Makmur Ngantang, untuk memastikan datang ke TPS di saat berlangsungnya pencoblosan pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jatim, yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 mendatang. Dan dirinya juga meminta kepada para karyawan agar menyampaikan pesan KPU, agar keluarga serta warga dilingkungan tempat tinggalnya untuk bersama-sama menyukseskan Pilgub 2018.
“Dan pihaknya juga meminta kepada para karyawan agar memastikan terdaftar sebagai pemilih di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Selanjutnya, mereka juga harus menyiapkan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-e) dan Surat Keterangan sebagai syarat pemilih di TPS,” pintah Santoko.
Selain itu, lanjut dia, sebelum pelaksanaan Pilgub, petugas kami akan mendistribusikan Model C6-KWK yaitu surat pemberitahuan untuk memilih beberapa hari sebelum hari pemungutan suara. Dan agenda sosialisasi yang disampaikan KPU kepada karyawan KUD Sumber Makmur Ngantang, juga kita lakukan dialog interaktif untuk mendengarkan dan memberikan pemahaman kepada karyawan yang seluruhnya kaum perempuan.
“Dalam sosialisasi tersebut, KPU Kabupaten Malang juga didampingi oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kecamatan Ngantang, kabupaten setempat,” tandas Santoko. [cyn]

Tags: