Ketua DPRD Jatim Resmi Lantik Dua Anggota PAW

DPRD Jatim, Bhirawa
DPRD Jatim resmi melantik dua anggota dewan dari PKB dan PPP. Masing-masing. Hj. Siti Aisyah. SH, dari Fraksi PKB dan Dr. H. Suhermin Abdul Muhaimin dari Fraksi PPP resmi menggantikan Thoriqul Haq (PKB) serta H. Rofik (PPP). Dimana Thoriqul Haq dan Rofik tersebut maju Calon Bupati Lumajang pada 27 Juni 2018.
Pelantikan dan pergantinan antar Waktu (PAW) susunan fraksi di DPRD Jatim, Hj. Siti Aisyah (PKB) dan Dr. H. Suhermin Abdul Muhaimin Fraksi PPP ini langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Jatim A. Halim Iskandar serta Wakil ketua DPRD Jatim, Kusnadi dan disaksikan oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Jatim, Akmad Sukardi di Ruang paripurna DPRD Jatim, Senin (30/4).
Ketua DPRD Jatim, A. Halim Iskandar mengatakan PAW ini dilakukan sudah melalui mekanisme dan aturan yang benar yaitu mulai dilakukan pendatanganan oleh empat pimpinan DPRD Jatim, kemudian dilakukan tanda tangan oleh ketua Partai, dan dikirim ke KPU dan Mendagri. “Kami berharap kepada anggota yang baru dilantik untuk segera menyesuaikan tugas sebagai anggota DPRD Jatim yaitu di Komisi B DPRD Jatim, dan Badan Musyawarah (Banmnus) “ujar Abdul Halim politisi asal Fraksi PKB Jatim.
Dengan dilantiknya Hj. Siti Aisyah dan H Suhermin, secara otomatis akan mempengaruhi susunan keanggotaan Fraksi PKB, serta PPP dan susunan keanggotaan Alat Kelengkapan DPRD Provinsi Jawa Timur masa bakti 2014 – 2019. “Untuk Hj. Siti Aisyah akan menduduki Komisi E DPRD, kemudian H. Suhermin ditempatkan di komisi B DPRD Jatim,”ujarnya.
Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Jatim, Djaelani mengakui untuk kali ini hanya dua orang saja yaitu pengganti Thoriqul Haq (PKB) dan H Rofiq (PPP). Sedang untuk sisanya yaitu dua orang dari PKB, Gerindra dan Demokrat menyusul. Mengingat SK dari Mendagri belum turun.
“Untuk sisanya menunggu dari SK dari Mendagri. Mekanismenya partai mengirim surat ke DPRD Jatim dan kemudian dilanjutkan ke KPU Jatim. Selanjutnya di cross chek dahulu oleh KPU Jatim dan surat PAW dikembalikan ke DPRD Jatim untuk diserahkan ke Gubernur Jatim kemudian dilanjutkan ke Mendagri,”paparnya.
Seperti diberitakan, ada sekitar lima anggota deaan yang resmi mengundurkan diri katena maju dalam pilkada di sejumlah wilayah di Jatim. Masing-masing Thoriqul Haq (PKB) dan H Rofiq (PPP) maju di pilkada Lumajang, Yusuf Rohana (PKS) maju di Madiun, H Hisan (demokrat) Sampang, Badrut Tamam (PKB) maju di Pamekasan.
Sedang satu orang meninggal dunia dari PDIP Ali Mudji dan dua orang lainnya terkena OTT KPK dari PKB dan Gerindra yaitu M Ka’bil dan M Basuki. Dan sampai sekarang yang resmi dilantik hanya tiga orang. Sedang sisanya lima orang masih belum.
“Untuk sisanya PAW untuk Pak Badrut Tamam, Pak Yusuf Rohana, Pak Hisan serta Pak Ka’bil dan Pak Basuki menunggu SK dari Mendagri,”lanjutnya. [cty/adv]

Tags: