DPRD Kabupaten Lumajang Ngangsuh Kaweruh Ke Pemkab Gresik

Gresik, Bhirawa
Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2018 ini ditargetkan mencapai angka Rp. 1 Triliun rupiah. Perolehan PAD tertinggi adalah pada sector pajak daerah, yakni pada Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dengan capaian sekitar Rp. 196 miliar rupiah.
Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pajak Daerah Ahmad Haris Fahman saat memaparkan kondisi PAD di Kabupaten Gresik kepada rombongan DPRD Kabupaten Lumajang yang ngangsuh kaweruh ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, Jumat (04/05/2018).
“Pada triwulan pertama tahun 2018 ini, capaian perolehan pajak PPJ telah mencapai 30 persen. Itu artinya masih stabil dan sesuai dengan progress,” ujarnya.
Sementara itu, terkait dengan BPHTB pada triwulan pertama ini telah mencapai 30 persen, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) mencapai 15 persen.
Yang penting, menurut Haris, agar peningkatan PAD dapat terlaksana maksimal adalah dengan adanya sosialisasi kepada wajib pajak. Selain itu, Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto juga berperan aktif dalam pengawasan agar pencapaian PAD di Kabupaten Gresik dapat terlaksana secara optimal.
Seperti diketahui bahwa DPRD Komisi C Kabupaten Lumajang dengan dipimpin oleh Drs. Syamsul Huda selaku Wakil Ketua DPRD melakukan kunjungan kerja ke instansi pemerintah Kabupaten Gresik.
“Kami sengaja membawa rombongan ke Pemkab Gresik untuk menggali berbagai informasi terkait penyelenggaraan pemerintahan. Salah satunya adalah terkait dengan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Gresik yang semakin meningkat tiap tahunnya,” kata Syamsul.
Sebab, lanjut Syamsul, Perolehan PAD di Kabupaten Lumajang saat ini mengandalakna sector pertanian. Sehingga, dirinya merasa perlu untuk menggali informasi terkait peningkatan PAD agar dapat diterapkan di Kabupaten Lumajang.
Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Gresik Drs. Darmawan mengatakan, Pendapatan Asli Daerah di Gresik juga ditunjang dari sector pariwisata. Ia menjelaskan bahwa potensi wisata di Gresik juga memiliki daya Tarik bagi wisatawan, khususnya yang ingin berwisata religi.
Selain wisata religi, menurut Darmawan, juga terdapat sector wisata pantai yang berada di wilayah Kecamatan Panceng, yakni pantai Dalegan.
“Sektor pariwisata juga menunjang peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Gresik,” ujar Darmawan. [kim]

Tags: