Dispora Gunakan Aplikasi Berbasis Website

Kadispora Jatim, Drs Supratomo (kiri) didampingi Kasi Olahraga Rekreasi Zaenal pada Bimtek Gerak Jalam Mojokerto Surabaya Melalui Sistem Aplikasi Berbasis Website Online di Kantor Dispora Jatim, Kamis (3/5). [wawan triyanto]

Gerak Jalan Mojokerto-Surabaya
Surabaya, Bhirawa
Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Dispora) Jatim kembali melakukan inovasi agar penyelenggaraan Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto-Surabaya (GJPMS) 2018 berlangsung lebih transparan. Setelah menerapkan sistem barcode, kini akan menerapkan sistem aplikasi berbasis website.
Kepala Dispora Jatim, Drs Supratomo, MSi menjelaskan, nantinya sistem berbasis website ini akan mempercepat perhitungan untuk menentukan juara di event tahunan tersebut.
Selain lebih cepat sistem penilaian ini juga lebih transparan, karena nilai semua juri akan masuk di aplikasi tersebut dan secara otomatis akan terekap jumlah poin para peserta.
“Dengan aplikasi ini tentu sangat membantu pihak juri untuk menetukan pemenang lomba,” kata Supratomo saat memimpin Bimbingan Teknis Gerak Jalam Mojokerto Surabaya Melalui Sistem Aplikasi Berbasis Website Online di Kantor Dispora Jatim, Kamis (3/5) dan diikuti oleh para juri.
Ditemui ditempat yang sama, Kasi Olahraga Rekreasi Dispora Jatim, Zaenal menjelaskan, para juri akan mengoperasikan aplikasi ini melalui handphone (HP) berbasis android.
Kemudian mereka akan melakukan penilaian baik kerapian, keserasian, maupun keutuhan barisan, kemudian kesalahan dan hukuman melalui HP. “Jadi tidak perlu kertas, karena nilai dari para juri itu langsung masuk sistem yang akan menghitung poin peserta,” katanya.
Seperti diketahui tahun lalu Dispora juga sudah menerapkan pendaftaran maupun pembayaran melalui online. Kemudian nomor peserta di beri barcode yang di scan oleh panitia begitu peserta masuk pos I, II dan III (finish). Penyekenan barcode bertujuan mencatat waktu peserta saat setiap di setiap pos.
“Nah dengan sistem baru ini, maka kita bisa melihat catatan waktu plus nilai peserta, bahkan tidak menutup kemungkinan begitu lomba selesai juara bisa langsung terlihat,” katanya. [wwn]

Tags: