Debat Kandidat Cabup-Cawabup Nganjuk Berakhir Sukses

Suasana debat kandidat Cabup-Cawabup Nganjuk menuai pujian dari ketiga pasangan calon karena berlangsung lancar dengan kualitas pertanyaan yang berbobot. [ristika/bhirawa]

Nganjuk, Bhirawa
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Nganjuk menggelar debat kandidat putaran III di Gedung Juang 45 Jl Dr Sutomo Nganjuk, Rabu (9/5). Debat kandidat putaran III yang menghadirkan tiga paslon Bupati dan Wakil Bupati, yakni paslon nomor urut satu Novi-Marhaen, paslon nomor urut dua Hanung-Bima dan paslon nomor urut tiga Desy-Yakin tersebut, bertemakan Penyerasian Pelaksanaan Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota dan Provinsi dengan Nasional, Perkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta Kebangsaan,dan Program Kependudukan, Keluarga Berencana juga Pembangunan Keluarga.
Acara yang disiarkan langsung oleh dua stasiun TV yakni TVRI dan BBS TV, juga direlay oleh Dhoho TV, Kilisuci TV, Bayu TV, Radio Jodhipati FM, Ersal FM serta Oke FM tersebut berlangsung cukup menarik sekaligus juga meriah. Pasalnya para paslon saling bertukar argumen maupun bakal kebijakan yang di peruntukkan bila terpilih menjadi bupati dan wakil bupati.
Antara lain adalah kebijakan adanya peraturan daerah maupun peraturan bupati yang mengatur mengenai tenaga kerja asing masuk di wilayah Kabupaten Nganjuk agar tidak merugikan tenaga kerja lokal. Sempat menjadi perdebatan sengit mengenai beberapa lini kebijakan tentang tenaga kerja asing yang masuk. Seperti keharusan tenaga asing sekitar 20%, meliputi tenaga ahli. Selain itu pemerintah daerah juga memberikan pelatihan secara berkala kepada pekerja lokal sesuai kebutuhan perusahaan.
Juga mengenai penyelesaian pembangunan-pembangunan di Kabupaten Nganjuk, seperti permasalahan jalan-jalan yang rusak sebab proyek nasional seperti jalan tol dan pemberian fakta penyelesaian yang sesuai bersifat menguntungkan masyarakat. Ataupun mengenai program keluarga berencana dan pemberian sosialisasi kepada seluruh masyarakat tentang empat pilar kebangsaan guna perkokoh rasa nasionalisme / rasa cinta Tanah Air serta lain sebagainya.
Dalam tajuk debat kandidat tersebut, KPU Nganjuk juga menyediakan dua layar proyektor besar agar para hadirin yang tidak masuk ke dalam Gedung Juang 45 bisa nonton bareng secara langsung.
Ketua KPUD Nganjuk M Agus Rahman Hakim mengatakan bahwa proses debat yang ketiga ini berjalan sangat baik dari debat-debat sebelumnya. Sebab berbagai kekurangan bisa diperbaiki atas masukan dan saran bantuan dari berbagai pihak. “Kami banyak menerima masukan, baik dari pihak pasangan calon, pendukungnya, tim perumus, serta kawan-kawan media sehingga debat kandidat ketiga ini berjalan sangat tertib, lancar, aman dan meriah,” kata Agus Rahman Hakim.
Selama debat kandidat berlangsung, diungkapkan Agus Rahman, berjalan sesuai dengan rencana yang pertanyaannya telah dirumuskan oleh tim perumus yang terbagi atas enam segmen.
” Kami berharap dengan debat kandidat ini, masyarakat Kabupaten Nganjuk semakin memahami program-program unggulan masing-masing pasangan calon yang bakal dipilih,” pungkas Agus Rahman. [ris.adv]

Tags: