Bupati Situbondo Paparkan Potensi Ekonomi di Depan Bank Indonesia

Bupati Situbondo Dadang Wigiarto didampingi Sekda Syaifullah dan Kepala Bapeda saat memaparkan potensi peternakan, pertanian dan pariwisata di hadapan Kepala Bank Indonesia Cabang Jember, Rabu (9/5). [sawawi/bhirawa]

Situbondo, Bhirawa
Menghadapi tahun kunjungan wisata Situbondo 2019, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo Syaifullah, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Infokom dan Persandian, Kepala Dinas Peternakan dan Kepala Dinas Pertanian, mengundang Bank Indonesia (BI) Cabang Jember ke Kota Situbondo Rabu (9/5). Di hadapan pejabat BI yang dipimpin Hestu Wibowo itu, orang pertama di lingkungan Pemkab Situbondo memaparkan tentang potensi ekonomi di sektor peternakan, pertanian dan pariwisata Situbondo.
Pemaparan Bupati Dadang digelar di pendopo kabupaten Jalan Kartini Nomr 1 Situbondo dengan agenda utama membahas potensi pariwisata kerjasama dengan BI Cabang Jember dan Pemerintah Kabupaten Situbondo. “Saya informasikan kepada pimpinan Bank Indonesia Cabang Jember bahwa potensi wisata di Kabupaten Situbondo tidak akan kalah dengan potensi wisata yang ada di kabupaten lain,” jelas Bupati Dadang.
Kata Bupati Dadang selain potensi pariwisata pihaknya juga menjelaskan tentang potensi peternakan dan pertanian yang dikelola Kabupaten Situbondo. Menurut Bupati Dadang, potensi pariwisata, pertanian dan peternakan di Kabupaten Situbondo kini semakin bergairah.
Namun demikian, lanjutnya, pembangunan tiga bidang sektor tersebut perlu adanya sentuhan dan bantuan dari pihak lain, termasuk dari BI. “Kami berharap BI banyak berperan dalam tiga sektor unggulan yang kini sedang digarap Kabupaten Situbondo,” tuturnya.
Bupati Dadang kembali menjelaskan, pembangunan sektor pertanian, peternakan dan pariwisata di Kabupaten Situbondo terus digalakkan agar kemajuan daerah Kabupaten Situbondo semakin tampak dan dirasakan oleh masyarakat Situbondo.
Pasalnya, urai Bupati Dadang, saat ini pihaknya tidak dapat memungkiri untuk membangun tiga sektor tersebut bukanlah hal yang mudah, tetapi dibutuhkan adanya peran serta dari pihak lain. “Kami juga membutuhkan bantuan dari BI agar ke depan pembangunan pariwisata, peternakan dan pertanian semakin cepat,” papar Bupati Dadang.
Sementara itu, Kepala BI Cabang Jember, Hestu Wibowo mengatakan, pihaknya siap bekerja sama dengan Pemkab Situbondo dalam berbagai macam program, termasuk program skala perioritas seperti pembangunan pariwisata, pertanian dan peternakan. “Kami sudah mendapat persetujuan dari pimpinan BI Pusat. Rencananya tahun ini kami akan meningkatkan jumlah bantuan untuk penguatan kelembagaan sektor usaha kecil di Kabupaten Situbondo,” ujarnya.
Hestu Wibowo menambahkan lembaganya akan terus melakukan kerja sama dengan Pemkab Situbondo, termasuk pembinaan UMKM di Kabupaten Situbondo. “Mudah-mudahan kerja sama yang dilakukan dengan BI Cabang Jember ini kedepan akan terus meningkat. Kami mempersilahkan jika ada program unggulan lain, konsepnya segera diusulkan ke BI,” tandas Hestu seraya mengakui tahun ini BI akan mengucurkan bantuan kepada kelompok ternak mandiri Situbondo.[awi]

Tags: