Bupati Sidoarjo Ingatkan 18 Camat Waspada Aksi Teror

Saiful Ilah. [alikus/Bhirawa]

Sidoarjo, Bhirawa
Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah, minta kepada 18 Camat di Kab Sidoarjo segera mengambil langkah cepat, agar wilayah mereka terhindar dari aksi teroris, yang belakangan ini telah meneror wilayah Kota Surabaya dan Kab Sidoarjo. Para Camat diminta supaya melakukan cegah dan deteksi dini, terhadap segala kegiatan masyarakat yang bersifat provokatif dan memecah belah NKRI.
”Termasuk juga para camat harus mewaspadai segala bentuk ceramah di masjid atau mushola yang barangkali isinya provokatif yang melawan pemerintah,” terang Bupati Saiful Ilah, Rabu (16/5) kemarin.
Karena itu, dirinya minta agar para camat melakukan Safari Ramadan selama Bulan Suci Ramadan 1439 H ini. Dalam kegiatan itu, camat bisa memberi sosialisasi pada para Takmir Masjid atau mushola, agar waspada pada orang yang berusaha menghasut dan melawan NKRI.
Camat sebagai kepanjangan tangan bupati di wilayah kecamatan, diminta agar berkoordinasi dengan Forkopimcam untuk mengaktifkan Babinsa dan Babinkamtibnas. Di tingkat desa, agar Siskamling kembali diaktifkan. Bagi tamu yang berkunjung dalam waktu 1 kali 24 jam diwajibkan untuk lapor.
Para Camat juga diminta melakukan pengawasan pada kos-kosan, karena mereka baru masuk Sidoarjo, sehingga sepak terjangnya belum diketahui. Maka harus koordinasi dengan jajaran terbawah seperti desa, RW dan RT. ”Meski dalam kondisi waspada dan siaga, tapi para camat saya minta harus tetap bisa membuat situasi dan kondisi wilayahnya, supaya tetap tenang, agar warga tidak merasa tercekam,” kata Bupati.
Disampaikan Bupati Saiful Ilah, untuk meningkatkan kewaspadaan dini terhadap bahaya teroris dan radikalisme, yang belakangan ini meneror Kota Surabaya dan Sidoarjo, dirinya telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) yang ditujukan pada para Camat di Sidoarjo. SE Nomor 300/3600/438.6.5/2018 itu, telah dikirimkan pada 15 Mei kemarin. [kus]

Tags: