Belum Bayar Semesteran Boleh Ikut Ujian

Bambang Sutiarso

Kota Kediri, Bhirawa
Kepala sekolah SMAN 4 Kota Kediri langsung menindaklanjuti dan menepis kabar adanya salah satu siswinya yang terancam tidak bisa ikut ujian semester karena belum membayar uang semester tahun ajaran ini
Kepala Sekolah SMAN 4 Kota Kediri, Bambang Sutiarso mengatakan, pihak sekolah memastikan seluruh siswa yang belum menyelesaikan tanggungan sekolah, tetap dapat melaksanakan ujian semester genap yang digelar Senin (7/5) hari ini.
“Kita pastikan tetap ikut ujian semester. Intinya kita tetap membantu kesulitan setiap siswa, jika memang tidak bisa membayar kita tetap perbolehkan untuk ikut ujian,” tegas Bambang.
Menurutnya perlu diketahui oleh masyarakat, jika sekolah tidak pernah melarang siswa yang belum membayar untuk ikut ujian dan sekolah berusaha mengakomodasi kesulitan siswa dan memberikan solusi serta memberikan keringanan biaya bila menyampaikan ke sekolah.
“Maka perlu komunikasi yang baik dari kedua belah pihak supaya pendidikan anak anak berjalan dengan baik, ” terangnya.
Dia menerangkan sebelumnya LN siswi Kelas X jurusan IPA ini memang mendapat peringatan dari guru kelas. Namun, bukan berarti peringatan tersebut membuat dirinya tidak akan bisa mengikuti ujian semester mendatang.
“Mulai semester satu kita tetap perbolehkan ikut ujian meski saat itu juga belum ada pembayaran. Seandainya ada peringatan dari guru, hal itu sebenarnya merupakan hal yang biasa karena hanya sebatas mengingatkan. Sebab kita tidak mungkin memantau satu persatu permasalahan setiap siswa kalau siswa tidak menyampaikan ke sekolah,” tandasnya.
Diketahui sebelumnya, beredar kabar jika salah satu siswa bernama LN, siswi kelas X SMAN di Kota Kediri terancam tidak bisa mengikuti ujian semester, lantaran mengalami kesulitan biaya sekolah. Dia memiliki tunggakan iuran dua semester sebesar Rp 3.611.000. Tarikan tersebut terinci untuk beli seragam, buku, dan SPP selama dua semester. [van]

Tags: