Bakesbangpoldagri Kab Madiun Sosialisasi Sukses Pilkada 2018

Kepala Bakesbangpoldagri Kab Madiun, Drs. Agus Budi Wahyono, M.Si tampak memberikan sambutan sekaligus membuka Sosialisasi Sukses Pilkada 2018 Kab Madiun di gedung Eka Kapi Puspem Kab Madiun di Mejayan, Kamis (3/5).  [sudarno/bhirawa]

(Deklarasi Bersama Tolak Hoax, Ujaran Kebencian dan Isu Sara)
Kab.Madiun, Bhirawa
BAKESBANGPOLDAGRI (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri) Kabupaten Madiun menyelenggarakan Sosialisasi Sukses Pilkada Tahun 2018 Kab Madiun.
Acara dibuka Kepala Bakesbangpoldagri Kab Madiun, Drs. Agus Budi Wahyono, M.Si di gedung Eka Kapi Puspem Kab Madiun di Mejayan, Kamis (3/5).
Kesempatan itu, peserta Sosialisasi Sukses Pilkada tahun 2018 Kab Madiun itu dari KUA, Takmir Mesjid dan Ormas se Kab Madiun bersama Pemda, TNI dan Polri sepakat menolak berita hoax, ujaran kebencian dan isu sara serta mendukung pilkada damai tahun 2018 di Kab Madiun. mendeklarasikan diri dengan yel-yel yang penuh semangat
Dalam laporannya panitia Sosialisasi Sukses Pilkada 2018 Kab Madiun, Kepala Bidang Politik dan Integrasi Bakesbangpoldagri, Tarnu Ashidiq.S.Ag, M.Si bahwa kegiatan Sosialisasi Pilkada Serentak 2018 di Kab Madiun diikuti dari KUA, Takmir Mesjid dan Ormas se Kab Madiun bersama Pemda, TNI dan Polri.
Sedang kegiatan ini dengan nara sumber, dari Komandan Kodim 0803 Madiun “Peran TNI Dalam Mendukung Suksesnya Pilkada 2018”. Dari Kapolres Madiun “Peran Polri Dalam Mendukung Suksesnya Pilkada 2018”. Dari Kajari Kabupaten Madiun “Peran Papem Dalam Mendukung Suksesnya Pilkada 2018”.
Dari Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Madiun “Peran Kemenag dalam Mendukung SuksesnyaPilkada 2018”
Sumber pembiayaankegiatan Sosialisasi Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Madiun dibebankan pada pos Anggaran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri Kabupaten Madiun Tahung Anggaran 2018.
Menurut Kepala Bakesbangpoldagri Kab Madiun, Drs. Agus Budi Wahyono, M.Si bahwa sosialisasi pilkada tahun 2018 ini dengan harapan agar pelaksanaan Pilkada Kabupaten Madiun 2018 ini, bisa berjalan aman, lancar dan terkendali (mancarli).
Sehingga peserta Sosialisasi Sukses Pilkada 2018 Kab Madiun pesertanya dari KUA, Takmir Mesjid dan Ormas se Kab Madiun bersama Pemda, TNI dan Polri, dengan kompaknya mengadakan deklarasi bersama agar peserta sosialisasi pilkada serentak 2018 di Kab Madiun itu lebih bersemangat.
“Ya bersemangat yang dimaksudkan yaitu semangat dalam mengimplementasikan hasil dari sosialisasi pilkada serentak 2018 kepada jajarannya atau kepada masyarakat dan sekitarnya nantinya,”tegas Agus Budi Wahyono ditemui wartawan di gedung Eka Kapti Puspem Kab Madiun di Mejayan, Kamis (3/5).
Harapan lainnya, lanjut Kepala Bakesbangpoldagri Agus Budi Wahyono, pelaksanaan pilkada 2018 pada 27 Juni setelah beberapa hari, Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Karena itu, diharapkan warga Kab Madiun khususnya yang bekerja diluar kota, hendaknya pada hari pelaksanaan pilkada pulang kampung lagi menggunakan pilihnya.
“Dan masalah ini, kiranya tidakm perlu dikawatirkan, karena masyarakat sekarang juga sudah mengerti akan perihal tersebut,”ungkap Agus Budi mengakhiri pembicaraan dengan wartawan.
Mengutip dari nara sumber Kodim 0803 Madiun yang diwakili oleh PS Pasi Intel Kodim 0803 Madiun, Kapten Armet Waluyo dalam Sosialisasi Sukses Pilkada Tahun 2018 Kab Madiun di gedung Eka Kapti Puspem Kab Madiun di Mejayan, Kamis (4/5) menyebutkan, Peran TNI Dalam Mendukung Suksesnya Pilkada 2018 Kab Madiun, Kodim 0803 Madiun dalam mendukung PAM pilkada kab Madiun 2018 telah menyiapkan 2 SSK BKO Polres Madiun.
Adapun potensi rawan yang perlu diantisipasi yaitu, Politisasi indentitas (sara). Penyebaran konten negatif (hoax). Money politik. Politik adu domba. Intimidasi/pemaksaan kehendak. Independensi penyelenggaraan pilkada dan sebagainya. Demikian halnya pemaparan dari Polres Madiun yang diwakili Kabag OPS Polres Madiun, Kompol Syamsul Muarif, SH.MH juga hampir sama yang dipaparkan oleh pembicara dari Kodim 0803 Madiun. [dar.adv]

Tags: