Bagi Takjil Gunakan Topeng Pemain Top Dunia

Para siswa saat membagikan takjil di Jl Baratajaya, Surabaya sambil mengenakan jersey dan pakai topeng wajah pemain top dunia. [trie diana]

Surabaya, Bhirawa
Para siswa di SD Muhammadiyah 16 Surabaya membagikan 2 ribu kotak bingkisan takjil di Jl Baratajaya dan Jl Ngagel Jaya Surabaya. Kegiatan bertajuk Takjil On The Road ini unik, karena para siswa ini membagikan takjil dengan kostum pemain bola dunia dan memakai topeng wajah pemain sepak bola favorit dunia, diantaranya Ronaldo, Messi atau Sergio.
Menurut Koordinator Takjil On The Road Fahmi Muqqoddas, pembagin takjil ini dilakukan selama dua hari. Yakni Senin sebanyak seribu kotak dan Selasa juga membagikan seribu kotak bingkisan takjil, berisi dua kue dan air mineral. Kepada warga Kota Surabaya yang kebetulan saat menjelang magrib melintasi Jl Ngagel Jaya dari arah timu ke arah barat atau tepatnya di depan Kampus Ubaya, dan di Jl Baratajaya atau di depan Panti Asuhan Aisiyah.
Ustadz Fahmi menjelaskan, tujuan membagikan takjil oleh 20 siswa kelas IV ini agar para siswa mempunyai perasaan empati dan bisa berbagi kepada sesama. Selain itu, juga sebagai bentuk eksistensi Sekolah Kreatif Muhammadiyah 16 Surabaya. ”Tujuan berbagi takjil oleh siswa secara langsung ini agar mereka kedepannya mempunyai perasaan empati dan kemudian suka berbagi dan member kepada orang lain,” katanya.
Sementara itu, ketika ditanyakan mengapa para siswa harus mengenakan kostum lengkap pemain bola dunia dan mengenakan topeng pemain top dunia, seperti Ronaldo, Messi atau Sergio. Sebab Ramadan kali ini bertepatan dengan digelarnya Piala Dunia. Maka Sebagai Sekolah Kreatif ini menunjukkan kalau SD Muhammadiyah 16 ini berbeda dengan sekolah lain. Sehingga para siswa juga ikut merasakan semangat para atlet sepak bola dunia.
Mereka menggunakan topeng dan jersey tim favorit masing-masjng saat membagikan takjil, Senin. Ervin, siswa kelas empat mengungkapkan, dirinyaa sangat antusias dengan acara sekolah yang melibatkan tema sepak bola. Iapun mengaku mengagumi sosok Mohammad Salah. ”Dakwahnya Mohammad Salah keren lewat main sepak bola,” ujarnya.
Hal ini diamini siswa lain meskipun tidak semua siswa memakai topeng Mohammad Salah. Sebagian memakai topeng Ronaldo, Messi, Sergio dan lainnya. Dengan dibantu donasi orang tua, anak-anak membagikan takjil dengan cara yang unik dan terlihat bersemangat.
Sementara itu, Ustadz Heru Tjahyono, Konsultan Kreatif SD Muhammadiyah 16 menambahkan, selain membagikan takjil para siswa juga memeriahkan semarak Piala Dunia, dan anak-anak mempunyai pemain favorit sendiri-sendiri. Sehingga membagikan takjil dan menyongsong Piala Dunia dijadikan satu dengan menggunakan jersey dan topeng pemain sepak bola.
“Harapannya ada muatan entertain dalam membagikan takjil ini, sehingga para siswa tidak bosan dengan mengenakan jersey Negara tertentu dan pakai topen pemain top, sekaligus mengingatkan warga kalau ada pagelaran Piala Dunia,” kata Ustadz Heru.[fen]

Tags: