ASN Pemkot Probolinggo Bakal Terima Tunjangan Kinerja

Pemkot gelar workshop tukin ASN nya.

Probolinggo, Bhirawa
Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo dipastikan segera menerima tunjangan kinerja (Tunkin)Secara bertahap mulai tahun 2018-2019 ASN di kota ini bakal menerima tunjangan kinerja (tunkin) berbasis kinerja.
Bertempat di Gedung Sabha Bina Praja, Pemerintah Kota Probolinggo melalui Bagian Organisasi Setda Kota Probolinggo menggelar workshop pemantapan rancangan (draft) hasil evaluasi jabatan dan keterkaitannya dalam persiapan penyusunan sistem pengkajian, pemberian tunjangan kinerja dan standar kompetensi jabatan di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo.
Kegiatan yang dibuka oleh Pejabat Pelaksana Tugas (PLT) Asisten Pemerintahan, Rachma Deta, yang didampingi Kabag Organisasi Heri Astuti, narasumber dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat ini diikuti oleh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
Kabag Organisasi Heri Astuti, Selasa (15/5) mengatakan berdasarkan UU nomer 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) mengamanatkan bahwa setiap instansi pemerintah wajib dapat menghasilkan evaluasi jabatan. Untuk menentukan dalam penerapan penghitungan sistem pengkajian pemberian tunjangan kinerja pegawai negeri. Evaluasi jabatan merupakan salah satu agenda reformasi birokrasi sebagai tuntutan perubahan pelayanan publik.
“Evaluasi jabatan ini memberikan bekal pengetahuan dan meningkatkan pemahaman bagi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota melalui Bagian Organisasi. Saat ini, dilaksanakan kegiatan pokok pemantapan rancangan hasil evaluasi jabatan dan keterkaitannya persiapan penghitungan sistem pengkajian pemberian tunjangan kinerja,” ujarnya.
Ia menjelaskan, adapun tujuannya adalah untuk menyampaikan prinsip-prinsip yang sesuai dengan struktur tata kerja organisasi. Dan memberikan rancangan kerja pada OPD, sebelum ditetapkan dalam peraturan daerah wali kota, yang nantinya menjadi dasar penghitungan biaya tunjangan kinerja.
Rachma Deta menyampaikan, selain menerima gaji ASN juga menerima Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP). Namun kedepannya akan diganti menjadi tunjangan kinerja. Tunjangan kinerja dimaksud dibayarkan sesuai dengan pencapaian kinerja bagi ASN. Berdasarkan laporan dari Bagian Organisasi masih terdapat 10 OPD yang belum menyelesaikan Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisis Beban Kerja (ABK).
“Ini nanti yang akan menghambat, bagi 10 OPD yang belum menyelesaikan anjab dan ABK untuk segera diselesaikan. Saya berharap dengan kegiatan ini narasumber dapat memberikan masukan rancangan atau draf tersebut. Sehingga hasilnya mendapatkan acuan dalam pemberian tambahan penghasilan harus berdasarkan kinerja ASN. Pada tahun 2018-2019 secara bertahap Pemerintah Kota Probolinggo akan melaksanakan tambahan penghasilan berbasis kinerja,” tambahnya.(Wap)

Tags: